Aplikasi Permudah Cari Ruang dan Jadwal Kuliah

Senin, 30 Maret 2015 - 11:57 WIB
Aplikasi Permudah Cari Ruang dan Jadwal Kuliah
Aplikasi Permudah Cari Ruang dan Jadwal Kuliah
A A A
SURABAYA - Mahasiswa baru kadang masih belum hafal dengan kampusnya, jadwal, dosen serta, ruang dia akan belajar. Nah , kalau belum tahu pasti memakan waktu lama.

Alasan inilah yang membuat Ricki Prakarsa, mahasiswa jurusan Teknik Informatika Universitas Dr. Soetomo Surabaya, menciptakan aplikasi yang mampu membantu para mahasiswa baru. Penelitian tersebut dengan memanfaatkan basis out augmented realty , dimana menambahkan aplikasi 3D pada dunia nyata dan digunakan untuk ponsel android.

Melalui aplikasi yang dibuat Ricki ini juga mempermudah mencari jadwal kuliah dan dosennya. Sebab, ketika aplikasi ini digunakan, tidak hanya memunculkan nama gedung yang sedang dicari, tetapi juga lengkap dengan dosen dan jam mengajarnya sehingga menghemat waktu, karena dengan mudah menemukan gedung dan jadwal dosennya.

”Jadi sistem kerjanya itu cukup mengarahkan ponsel android ke arah gedung. Kemudian melalui aplikasi out augmented reality ini maka akan memunculkan semua data lengkap tentang gedung tersebut, mulai dari nama gedung maupun dosennya,” kata Ricki usai diwisuda di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Sabtu (28/3).

Pemuda ini menjadi lulusan terbaik dari jurusan informatika berkat skripsinya berjudul ”Sistem Informasi Kampus Berbasis Out Augmented Reality.” Dia mengakui akan melanjutkan penelitiannya. Apalagi pihak kampus juga merespons baik hasil penelitiannya. Bahkan, menurut rencana, aplikasi itu akan digunakan oleh kampus yang berada di daerah Semolowaru tersebut.

Ricki menjelaskan, sekilas cara kerja aplikasi buatannya mirip dengan penggunaan video stream . Hanya saja hasil gambar yang dimunculkan berupa 3D yang mirip dengan realita sesungguhnya. Aplikasi ini cocok untuk diterapkan di kampus guna mempermudah mahasiswa. ”Aplikasi ini akan terus disempurnakan supaya lebih sempurna dan banyak lagi,” ujar Ricki yang meraih IPK 3,78 tersebut.

Sementara Rektor Universitas Dr. Soetomo (Unitomo), Dr. Bachrul Amiq, saat dijumpai sebelum upacara wisuda berlangsung, menjelaskan, wisudawan yang lulus tahun ini berjumlah 362 orang. Mereka terdiri dari sarjana, magister dan doktor. Total jumlah wisudawan terbaik dan berprestasi yang lulus berjumlah 12 orang rata-rata mereka memperoleh IPK cumlaude di atas 3,5.

Istimewanya lagi, pada tahun ini merupakan tahun pertama bagi Unitomo meluluskan salah satu program magister jurusan hukum sejak dua tahun lalu dibuka. ”Magister hukum ini memang masih baru dan baru buka dua tahun lalu. Kami sangat senang tahun ini menjadi tahun pertama yang menjadi lulusan dari program tersebut,” kata Bachrul.

Unitomo ke depan juga akan terus meningkatkan layanan dan kualitas pendidikan lewat dibukanya jurusan terbaru yaitu penerbangan dan K3 (keselamatan dan keamanan kerja) untuk diploma. Dibukanya jurusan ini karena peminat dan kebutuhan dunia kerja saat ini memang banyak. Artinya, Unitomo memang berkomitmen terus memajukan pendidikan lewat pendidikan yang disediakan kampus tersebut.

Selain itu, lulusan kampus Unitomo dijamin dengan lembaga sertifikat profesi yang menunjukkan bahwa lulusan Unitomo juga mempunyai kompetensi dan kualitas yang bagus.

Mamik wijayanti
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8036 seconds (0.1#10.140)