Kongres PDIP Fokus Bahas Program dan Sikap Politik

Senin, 30 Maret 2015 - 10:48 WIB
Kongres PDIP Fokus Bahas Program dan Sikap Politik
Kongres PDIP Fokus Bahas Program dan Sikap Politik
A A A
JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa pelaksanaan Kongres IV di Bali pada 9-12 April mendatang lebih fokus pada pematangan program serta sikap politik.

Adapun untuk posisi ketua umum tinggal menetapkan kembali Megawati Soekarnoputri, mengingat hal itu sudah menjadi rekomendasi rapat kerja nasional (rakernas) serta menjadi rekomendasi konfercab dan konferda PDIP seluruh Indonesia.

“Itu adalah tradisi demokrasi ala PDIP. Musyawarah mufakat. Maka kongres akan tetapkan Ibu Mega sebagai ketum,” kata Hasto di sela acara donor darah bersama Taruna Merah Putih (TMP) dan Palang Merah Indonesia (PMI) di Jakarta kemarin.

Menurut Hasto, isu strategis seperti restrukturisasi di luar posisi ketua umum memang menjadi salah satu agenda penting kongres. Namun, itu semua tetap di belakang program agar langsung siap menjalankan program ideologis partai untuk tetap mengutamakan kepentingan rakyat ketika saat ini menjadi partai pemerintah.

Di tempat sama, Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga Maruarar Sirait mengungkapkan bahwa pengurus di daerah serta arus bawah dalam Rakernas PDIP, Agustus 2014 lalu, sudah diputuskan dua hal penting.

Pertama, PDIP sebagai partai pendukung pemerintah karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) didukung PDIP, terlebih Jokowi kader PDIP. Kedua, menyangkut ketum dalam rakernas itu semua setuju dan mendukung Megawati kembali memimpin PDIP untuk periode 2015-2020.

“Dan kader itu melihat secara realistis bahwa partai ini solid dipimpin Mbak Mega, juga faktanya di pemilu dan pilpres PDIP menang. Kalau kita lihat dengan data dan bukti, dengan Mbak Mega bisa menang pileg dan pilpres,” ungkapnya.

Jadi, kata Maruarar, kader dan pengurus PDIP tidak asal mendukung, tetapi juga melihat evaluasi dengan ukuran berkualitas dan terukur.

Rahmat sahid
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6315 seconds (0.1#10.140)