Sungai Sekanak Bersih Sekejap

Minggu, 29 Maret 2015 - 10:00 WIB
Sungai Sekanak Bersih Sekejap
Sungai Sekanak Bersih Sekejap
A A A
PALEMBANG - Sebanyak 200 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) se-Sumsel diterjunkan membersihkan anak Sungai Sekanak di Jalan Radial Palembang, kemarin. Aksi ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati satu dasawarsa Tagana Sumsel.

Kordinator Tagana Sumsel Sumarwan mengatakan, program kali bersih ini bertujuan menggugah partisipasi masyarakat untuk cinta kebersihan lingkungan. ”Bukan itu saja, kami akan laksanakan Tagana Go Green atau penghijauan menanam ribuan pohon, di kawasan Jakabaring dalam rangka mendukung program Gubernur Sumsel menyambut Asian Games 2018 dan kelestarian lingkungan,”ujar Sumarwan kemarin.

Pihaknya juga berencana akan memberikan penyuluhan kepada para mahasiswa dengan bekerja sama dengan FKM Unsri pada 4 April 2015. ”Hari ini di ikuti 200 Tagana dari seluruh Kabupaten/Kota dibantu DKK, kedepan kita ingin laksakanan program kali bersih secara rutin di berbagai lokasi yang di tentukan,” kata dia. Sumarwan mengatakan, kegiatan ini juga diharap dapat menggugah partisipasi masyarakat untuk cinta lingkungan bersih dan sehat.

Dalam kesempatan itu, diapun membuka kesempatan kepada pemuda yang ingin berpartisipasi menjadi relawan Tagana. Rekturmen tagana Sumsel itu memiliki berbagai persayaratan di antaranya berbadan sehat, punya potensi, minat dan bakat di bidang penanggulangan bencana, serta syarat lainnya.

Sementara itu, Asisten III Setda Pemprov Sumsel Ahmad Nadjib mengatakan, kegiatan ini cukup baik sehingga sangat didukung pihaknya. Terutama dapat menjadi salah dukungan dari segi kebersihan dan kesehatan lingkungan menuju Asian Games 2018. ”Bukan cuman untuk pertandingan olahraga dan sport venue-nya saja yang kita optimal kan namun kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, kualitas air, dan infrastruktur lainnya,”tuturnya.

”Jadi merekapun diharap dapat tergerak untuk jaga kebersihan lingkungan, selokan atau drainase, sungai, penanaman pohon juga dilanjutkan dengan upaya pemeliharaannya,” katanya. Nantinya jelas Nadjib, tim dari Olympoc Council of Asia (OCA) akan menyeleksi kota di Indonesia yakni DKI Jakarta dan Palembang untuk kesiapannya menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Hasil itu akan dibawa rapat dengan berbagai penilaian seperti fasilitas dan kebersihan di bandara, infrastruktur jalan, sungai/anak sungai, bebas sampah, penghijauan, akan menjadi bahan penilaian.

Retno palupi
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0467 seconds (0.1#10.140)