Membangun Ego yang Tepat di Kantor

Sabtu, 28 Maret 2015 - 11:11 WIB
Membangun Ego yang Tepat di Kantor
Membangun Ego yang Tepat di Kantor
A A A


KADANG terjadi situasi tidak menguntungkan di tempat kerja. Anda diberi tugas terlalu banyak hingga sulit menentukan prioritas. Padahal, mampu menentukan prioritas adalah salah satu kunci kesuksesan dalam karier. Nah, berikut ini hal-hal yang harus Anda prioritaskan, atau dalam bahasa yang sedikit keras, Anda harus membangun ego Anda semata-mata agar Anda bisa memberikan performa yang baik, tak hanya bagi perusahaan, juga bagi hidup Anda sendiri.

1. Perhitungkan Waktu
Penelitian menunjukkan dua dari tiga profesional merasa kewalahan di tempat kerja. Solusi yang kerap ditawarkan adalah bekerja lebih panjang dan multitasking . Namun, dua hal ini tidak akan menyelesaikan masalah. Justru, saatnya kini Anda harus berlaku “arogan” terhadap banyaknya pekerjaan yang menyita waktu. Untuk memulai, lihat kebiasaan Anda untuk mengiyakan tugas-tugas.

2. Jika Anda menjawab “ya” untuk semua orang saat meminta bantuan Anda, artinya Anda menempatkan prioritas mereka di atas diri Anda sendiri. Anda mengajarkan mereka untuk tidak menghargai waktu Anda. Jadi, mulailah belajar untuk mengatakan tidak kepada hal-hal yang tidak pantas diprioritaskan untuk waktu Anda. Kedua, tetap berkomitmen terhadap prioritas waktu Anda. Pernahkah Anda berada di sebuah rapat dan melihat jam merayap melewati waktu akhir yang dijadwalkan?

Waktu yang seharusnya tidak sesuai dengan Anda. Hormati waktu Anda. Ketika waktunya telah habis, berikan alasan untuk meninggalkan. Dengan demikian, Anda akan mengajarkan orang lain bahwa Anda menghormati waktu dan Anda sendiri mengharapkan mereka untuk menghormati juga.

3. Utamakan Prioritas Anda
Pernahkah Anda merasa terlalu sibuk hingga akhirnya prioritas pekerjaan Anda justru malah terbengkalai? Kemudian, Anda mulai bernegosiasi dengan diri sendiri untuk tetap terlambat besok atau ke kantor pada akhir pekan. Setiap hari, Anda kewalahan dengan e-mail , teks, pesan instan, dan banyak lagi.

Masalahnya, dengan membiarkan aliran informasi ini menangkap perhatian Anda, Anda kehilangan pekerjaan prioritas yang paling penting bagi Anda. Padahal Anda harus menentukan prioritas untuk mencapai sukses. Ketika itu terjadi, saatnya untuk “arogan”. Matikan semua hal yang bisa mengganggu konsentrasi Anda. Ketika Anda berfokus pada pekerjaan yang paling penting, Anda akan merasa jauh lebih produktif setiap hari.

4. Prioritaskan Atasan yang Memberi Ruang Prestasi bagi Anda
Saat Anda merasa seorang atasan selalu meminta Anda melakukan sebuah pekerjaan, sesungguhnya dia sangat bergantung pada Anda. Dia merasa Anda mampu mengantarkannya kepada sebuah kesuksesan kariernya. Oleh karena itu, tawarkan kemampuan Anda untuk membuatnya lebih sukses lagi. Tunjukkan kemampuan Anda yang lebih besar.

Namun, sekali lagi, ingatlah, saat Anda pikir semuanya sudah terlalu berlebihan, saatnya Anda menghargai diri Anda sendiri dengan tidak mengiyakan semua pekerjaan yang diberikan atasan tersebut kepada Anda.

Dyah/themuse
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3293 seconds (0.1#10.140)