Asal Usul Kampung Gabus Bekasi, Pemilik Julukan Jawara

Kamis, 29 Desember 2022 - 12:35 WIB
loading...
Asal Usul Kampung Gabus Bekasi, Pemilik Julukan Jawara
Sejarah dan asal-usul Kampung Gabus Bekasi yang punya julukan Kampung Jawara. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sejarah dan asal-usul Kampung Gabus Bekasi yang punya julukan “ Kampung Jawara ” menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas. Dalam riwayatnya, Kampung Gabus ini sejatinya cukup banyak diketahui warga sekitaran Bekasi.

Pada penyebutannya, kampung tersebut juga cukup identik dengan nama Kampung Jawara.

Mengutip informasi dari jurnal berjudul “Komunikasi Antarbudaya Masyarakat Pendatang dengan Masyarakat Asli Betawi di Kampung Gabus Srijaya” karya Riyasih dkk, Kampung Gabus adalah salah satu kampung yang berada di Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi.

Baca juga : Asal Usul Penamaan Bantar Gebang di Kota Bekasi

Masyarakat yang menghuni Kampung Gabus ini umumnya didominasi oleh warga asli betawi. Dalam letaknya, kampung ini memiliki beberapa desa seperti Desa Gabus Sriamur, Gabus Srimukti, hingga Gabus Srijaya.

Pada sejarahnya, Kampung Gabus ini memiliki sebutan unik yang tetap banyak dikenal sampai sekarang. Adapun julukannya sendiri adalah Kampung Jawara.

Sebagian orang mengartikan arti ‘Jawara’ tersebut dengan cerminan masyarakatnya yang punya karakter keras atau pemberani. Akan tetapi, ada juga sebagian lain yang mengartikan kata “Jawara” dengan makna lainnya.

Penyematan julukan Kampung Jawara terhadap Kampung Gabus Bekasi ini disebut telah eksis sejak lama. Konon, hal ini terjadi karena saat itu banyak lahir para jawara di era pendudukan asing.

Baca juga : Asal Usul Kelapa Gading, Dulu Sawah dan Rawa-Rawa Sekarang Kawasan Tersohor di Jakut

Dalam hal ini, mereka ikut mengangkat senjata dan berjuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari bangsa penjajah. Adapun golok sendiri yang menjadi senjata tradisional betawi banyak dipakai Jawara kala itu.

Sebelum itu, ternyata ada juga asal-usul penyematan nama Kampung Gabus Bekasi sendiri. Konon, nama tersebut diambil dari ikan gabus yang dulunya banyak berkembang di wilayah ini. Sehingga sejak saat itu mulailah disebut sebagai Kampung Gabus.

Demikian ulasan mengenai sejarah dan asal usul Kampung Gabus Bekasi yang memiliki julukan Kampung Jawara.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0995 seconds (0.1#10.140)