Wajib Menang

Jum'at, 27 Maret 2015 - 09:04 WIB
Wajib Menang
Wajib Menang
A A A
SEVILLA - Sama-sama menjadi korban Slovakia, Spanyol dan Ukraina bertarung di Ramon Sanchez Pizjuan dini hari nanti memperebutkan tiket Piala Eropa 2016.

Kedua negara saat ini sama-sama mengoleksi sembilan angka, tertinggal tiga poin di belakang Slovakia. Spanyol tercecer akibat kekalahan 1-2, Oktober tahun lalu. Sementara Ukraina dipukul Martin Skrtel dkk 0-1, satu bulan sebelumnya.

Dengan Slovakia hampir pasti memantapkan posisi di puncak klasemen Grup C karena “hanya” menjamu Luksemburg pada waktu bersamaan, penting bagi Spanyol dan Ukraina agar meraih kemenangan sehingga tidak makin tercecer. Spanyol memiliki tekanan lebih besar karena bermain di kandang sendiri dan mengusung status favorit.

Namun, kondisi demikian dapat membuat La Furia Rojatidak leluasa mengembangkan permainan. Ukraina bisa memanfaatkan situasi tersebut dan mengulang prestasi Yunani, tim terakhir yang mampu menaklukkan Spanyol di kandang sendiri pada kualifikasi Piala Eropa, tepatnya Juni 2003.

“Kami tahu gaya Spanyol. Sulit bermain melawan mereka. Kami mesti mempersiapkan diri secara maksimal,” kata winger Ukraina Andriy Yarmolenko, dikutip situs resmi UEFA. Pasukan Vicente del Bosque akan sedikit tenang jika sukses mencetak gol pertama.

Mantan nakhoda Real Madrid tersebut punya beberapa opsi dalam menyusun tim menyusul pengunduran diri Diego Costa akibat cedera. Dia boleh menunjuk Alvaro Morata yang tampil impresif bersama Juventus. Pilihan lain adalah mengedepankan Cesc Fabregas sebagai false nine. Baik Spanyol maupun Ukraina memiliki tim relatif baru.

Menyusul petaka di Piala Dunia 2014, Del Bosque terus menyuntikkan muka baru ke skuadnya. Kali ini dia memasukkan wingerSevilla Vitolo dan striker Malaga Juanmi. Di lain pihak, Ukraina menjalani perombakan skuad sehabis menggelar Piala Eropa 2012.

Mayoritas pasukan Mykhaylo Fomenko belum pernah mengikuti turnamen besar. Keadaan tersebut membuat mereka sangat termotivasi memesan tempat di Prancis. Pada kesempatan sebelumnya, Ukraina dihentikan Prancis pada play-off kualifikasi menuju Brasil.

“Sangat disayangkan kami dikalahkan Slovakia. Kami semestinya menang jika mau lolos ke Prancis. Tapi, kami masih punya kesempatan memperbaiki kesalahan. Kami bakal mengerahkan segalanya agar tampil ke turnamen utama,” tandas Yarmolenko.

Harley ikhsan
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3069 seconds (0.1#10.140)