Sarapan Sehat Tanpa Repot

Jum'at, 27 Maret 2015 - 09:00 WIB
Sarapan Sehat Tanpa Repot
Sarapan Sehat Tanpa Repot
A A A
OVERNIGHT oats adalah solusi praktis untuk mengawali hari. Penganan kaya gizi ini cukup dibiarkan semalaman di kulkas dan tinggal disantap pada pagi hari.

Overnight oats pilihan praktis bagi mereka yang selalu mepet menyiapkan sarapan. Di samping kaya gizi, penganan ini minus repot untuk menyiapkannya. Tak perlu lagi bangun pagi berkutat di dapur untuk membuat makan pagi. Cukup siapkan hidangan ini sebelum Anda berangkat tidur.

Resep dasar overnight oats sebetulnya mudah saja, campur berbagai bahan, tambahkan air dan oat, lalu biarkan semalam di kulkas. Cairan yang digunakan akan membuat oats menjadi empuk, sekaligus membuatnya tak perlu dimasak. Pagi harinya tinggal disantap. Ya, overnight oats tengah menjadi tren dewasa ini.

Untuk merendam oats, selain dengan air, bisa menggunakan susu UHT, susu kedelai, atau susu almond, bahkan santan yang akan menjadikan rasanya gurih. Apalagi ditambah parutan kelapa kering dan vanili. Lalu, tambahi bermacam topping dan dinginkan di kulkas semalaman.

Oat ini biasanya ditempatkan di gelas bertutup atau botol selai. Karena itu bisa disantap di jalan. Seperti yang kita ketahui, oat mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, magnesium, protein, fosfor, dan vitamin B1 yang berperan penting dalam memproduksi energi.

Oat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat jika rutin dikonsumsi setiap hari. Tingginya kolesterol jahat dalam tubuh diketahui dapat berdampak pada risiko terjangkit penyakit berbahaya. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan, orang dengan kadar kolesterol cukup saja pada usia 30-an dan 40-an lebih mungkin untuk menderita penyakit jantung di kemudian hari.

Studi terbaru tersebut juga menunjukkan bahwa banyak di antara orang yang mengidap kolesterol cukup tinggi tersebut tidak memenuhi kriteria untuk menjalani pengobatan berdasarkan pedoman dari American Heart Association (AHA) dan American College of Cardiology (ACC).

“Apa yang kami temukan adalah orang-orang yang terlalu lama mempunyai kadar kolesterol yang tinggi berada pada risiko yang lebih tinggi menderita penyakit kardiovaskuler dibandingkan orang dengan kolesterol rendah,” kata Michael Pencina, peneliti senior dari Duke University di Durham, North Carolina, Amerika Serikat, seperti dilansir Reuters.

Kebutuhan kolesterol tubuh telah dicukupi oleh hati. Namun, jika mengonsumsi makanan lemak jenuh berkadar tinggi, hati akan memproduksi kolesterol lebih banyak lagi sehingga pasokannya menjadi berlebihan.

Kadar kolesterol dan lemak jahat yang berlebihan merupakan faktor risiko terjadinya penyakit yang menyerang pembuluh darah, misalnya stroke, penyakit jantung, hipertensi, asam urat, dan gangguan lainnya. Overnight oats bisa menjadi salah satu alternatif cara untuk menurunkan kolesterol.

Makanan ini bebas garam sehingga berperan dalam menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Di beberapa resep overnight oats , ada yang memakai rolled oat . Ini adalah oat utuh. Rolled oat berukuran lebih besar, tebal dan keras, serta terlihat mirip seperti permukaan biji kopi. Karena itu, oat utuh harus dimasak lebih dulu untuk mengubahnya menjadi bubur yang lembut.

Tidak bisa hanya dengan diseduh air panas biasa layaknya oat cepat masak. Namun, oat utuh ini lebih baik dibandingkan dengan versi instannya karena lebih kaya serat makanan. Anda bisa menemukannya di supermarket besar yang menjual bahan-bahan impor, tentu dengan harga lebih tinggi dibandingkan quick cooking oat atau instant oat .

Dalam membuat overnight oats ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni sebaiknya menggunakan wadah yang tidak terlalu besar sehingga habis dalam satu kali santap.

Pakailah wadah yang tertutup rapat supaya bakteri di dalam kulkas tidak masuk ke dalam oat . Jika suka rasa manis, Anda bisa menambahkan madu. Cobalah mengeksplorasi berbagai buah yang bisa dijadikan topping .

Sri noviarni
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4194 seconds (0.1#10.140)