10 Aktivitas Saat Alami Sulit Tidur

Kamis, 26 Maret 2015 - 12:54 WIB
10 Aktivitas Saat Alami Sulit Tidur
10 Aktivitas Saat Alami Sulit Tidur
A A A
Mengalami kesulitan tidur (insomnia) tentunya bukan hal menyenangkan. Terlebih, tubuh membutuhkan istirahat cukup. Namun, bagi beberapa orang, situasi ini kerap tak terelakkan. Lantas, apa saja yang mereka lakukan saat berjaga? Berikut 10 aktivitas yang sering dilakukan saat mengalami kesulitan tidur menurut jajak pendapat Litbang KORAN SINDO.

1.Nonton TV/film (33%)

Menonton televisi atau film berada di urutan nomor satu sebagai kegiatan yang dilakukan saat rasa kantuk tak kunjung datang. Kegiatan ini setidaknya dapat mendatangkan rasa rileks. Bagi beberapa orang, menonton televisi ampuh untuk mendatangkan kantuk

2.Browsing (28%)

Banyak orang yang memilih untuk mengakses internet saat mengalami sulit tidur. Mencari-cari berita terbaru, melihat-lihat barang yang dijajakan secara online dinilai efektif untuk membunuh waktu.

3.Main Game (12%)

Saat ini banyak aplikasi game yang menawarkan permainan seru, menantang atau sekadar sebagai sarana untuk rileksasi. Kegiatan ini nyatanya banyak dilakukan ketika seseorang mengalami susah tidur. Bahkan seringkali orang tidak sadar, karena asyik bermain game, matahari sudah terbit kembali

4.Membaca (8%)

Membaca buku dapat membuat pikiran tenang dan mempercepat proses tidur. Meski tak semua buku memiliki efek yang sama. Ada juga buku yang justru membuat seseorang berjaga semalaman.

5.Beribadah (4%)

Tak sedikit juga orang yang memutuskan untuk beribadah selama mengalami proses berjaga ketimbang melakukan aktivitas lain. Selain membawa ketenangan, kegiatan ini juga merupakan upaya untuk mendekatkan diri dengan yang kuasa.

6.Mendengarkan Musik (4%)

Mendengarkan musik juga menjadi kegiatan wajib selama rasa kantuk belum muncul. Musik-musik slow yang mengalun syahdu dinilai mampu membuat mata terlelap.

7.Makan (4%)

Bagi sebagian orang, pergi ke dapur dan mencari makanan untuk disantap seringkali menjadi pilihan kegiatan saat susah tidur. Meski ada resiko kegemukan, banyak orang tak peduli. Pun, biasanya rasa kenyang bisa memancing munculnya rasa kantuk

8.Olahraga (3%)

Siapa bilang olahraga hanya dilakukan pada pagi hari. Di tengah malam pun, banyak orang yang susah tidur melakukan kegiatan ini. Treadmill atau yoga adalah dua jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menemani mata yang tetap terjaga.

9.Mencari Teman Ngobrol (2%)

Saat mata terjaga, pilihan kegiatan lainnya adalah mencari teman ngobrol. Berbincang dengan teman yang sedang sama-sama terjaga bisa mengasyikkan, baik secara langsung maupun lewat sarana komunikasi seperti telepon.

10.Minum Obat Tidur (2%)

Banyak orang yang tidak mau ambil resiko dengan berlama-lama berjaga. Daripada tidak bisa beraktivitas keesokan harinya, mereka memilih untuk meminum obat tidur agar cepat terlelap.

*Komplikasi Insomnia

  1. Psikologi: Kinerja yang menurun Reaksi waktu melambat Risiko terkena depresi Risiko penyakit jantung
  2. Lainnya: kelebihan berat badan/obesitas
  3. Miskin fungsi sistem kekebalan tubuh
  4. Tekanan darah tinggi
  5. Gangguan kecemasan risiko
  6. Risiko terkena Diabetes

*Penyebab Dan Cara Mengatasi

*Cara Alami Mengatasi

  1. Cobalah untuk tidur pada jam yang sama setiap malam
  2. Cobalah untuk meningkatkan aktivitas Anda di siang hari
  3. Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, terutama menjelang malam
  4. Khususkan tempat tidur hanya untuk tidur
  5. Lakukan aktifitas santai sebelum tidur
  6. Atur pernapasan agar lebih dalam dan panjang -Upayakanlah agar kondisi kamar kondusif untuk tidur
  7. Jangan terlalu terobsesi dengan tidak bisa tidur

*Penyebab Umum

  1. Stress
  2. Masalah Kesehatan
  3. Pengaruh Obat dan Alkhohol
  4. Gangguan yang lain

*sumber jurnal circulation
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0397 seconds (0.1#10.140)