BTN Targetkan Raih Dana Rp300 Miliar

Sabtu, 07 Maret 2015 - 09:09 WIB
BTN Targetkan Raih Dana Rp300 Miliar
BTN Targetkan Raih Dana Rp300 Miliar
A A A
JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk (BTN) menggandeng PT Pertamina (persero) dalam pelayanan transaksi pembayaran atas penjualan produk Pertamina. Bank milik pemerintah ini menargetkan dana Rp300 miliar dari perputaran uang agen bahan bakar minyak (BBM) yang sekitar Rp3 triliun setiap bulannya.

“Agen penyalur ritel BBM dari Pertamina dapat langsung melakukan transaksi pembayaran secara online dan real time melalui Bank BTN. Ini adalah fasilitas layanan yang kami bangun bersama Pertamina dengan menyiapkan sistem host to host untuk menambah kenyamanan dalam bertransaksi,” ujar Direktur BTN Iman Nugroho Soeko di Jakarta kemarin. Menurut dia, Pertamina merupakan perusahaan minyak dan gas bumi yang dimiliki oleh pemerintah.

Salah satu bisnis Pertamina adalah menyelenggarakan usaha di bidang minyak dan gas bumi beserta hasil olahan dan turunannya termasuk pemasaran BBM Retail. Pertamina melakukan pemasaran BBM Retail melalui lembaga penyalur ritel BBM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia seperti SPBU, agen minyak tanah, agen premium & minyak solar dan premium solar packed dealer.

Jumlah perputaran uang pada bisnis agen BBM ini tidak kurang dari Rp3 triliun dalam setiap bulannya. “Untuk tahun pertama, kami berharap perputaran uang itu sekitar 10% transaksi dapat dilakukan melalui Bank BTN,” katanya. Iman mengatakan, dengan kerja sama ini, BTN menjadi bank persepsi Pertamina yang ketujuh, sehingga perlu kerja keras dalam merebut kue bisnis yang telah dilakukan bankbank persepsi Pertamina sebelumnya.

“Potensi kue ini perlu perjuangan yang harus dilakukan, agar porsi yang bisa kita ambil lebih besar,” katanya. Iman menjelaskan, saat ini sudah ada 55 SPBU yang bekerja sama dengan BTN dalam hal penyaluran kredit investasi dan modal kerja. BTN menargetkan sekitar 500 SPBU yang bisa dibidik melakukan transaksi pembayarannya di perseroan.

Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman menjelaskan, dengan adanya kerja sama ini maka agen BBM Pertamina bisa memanfaatkan BTN menjadi tempat pembayaran. “Akan ada pilihan baru bagi mitra Pertamina dalam melakukan transaksi perbankan,” jelas dia. Lebih lanjut Iman mengungkapkan, saat ini inovasi menjadi kata kunci dalam menarik minat konsumen.

Perbankan begitu banyak menjual produk dengan berbagai inovasi untuk menarik pelanggan. Itulah yang dilakukan oleh Bank BTN bersama Pertamina. “Pertama kami bangun sistem layanannya untuk mempermudah dalam transaksi. Tahapan berikutnya kami akan coba siapkan fasilitas apa yang diperlukan agen penjual BBM ini sebagai pelengkap,” katanya.

Rakhmat baihaqi
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3211 seconds (0.1#10.140)