Presiden Buka Bogor Street Festival Cap Go Meh 2015

Jum'at, 06 Maret 2015 - 11:44 WIB
Presiden Buka Bogor Street Festival Cap Go Meh 2015
Presiden Buka Bogor Street Festival Cap Go Meh 2015
A A A
BOGOR - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana membuka secara resmi Bogor Street Festival Cap Go Meh 2015 di Kota Bogor, Jawa Barat, kemarin sore.

Kehadiran Presiden disambut antusias ribuan warga yang sudah memadati area Wihara Dhanagun sejak pukul 14.00 WIB. “Dengan mengucap Bismillah, acara perayaan Cap Go Meh 2015 ini secara resmi saya buka,” ucap Jokowi sambil memegang bendera putih berlambang Cap Go Meh kemarin. Kegiatan Cap Go Meh ini diikuti 10.000 pengisi acara dari 81 komunitas.

Arak-arakan diawali dengan marching band dari Pusdikzi TNI AD, dilanjutkan pawai kebudayaan dengan mengelilingi ruas Jalan Suryakancana, Siliwangi, Pajajaran, dan Otista sambil diiringi berbagai atraksi seperti angklung, barongsai, dan liong.

Pembukaan pesta rakyat Street Festival Cap Go Meh itu juga dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Dalam kesempatan itu, Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan bahwa pesta rakyat ini adalah pesta tahunan.

“Sore hari ini (kemarin) menjadi sangat istimewa karena dihadiri Presiden Jokowi. Ini kehormatan bagi warga Kota Bogor khususnya, dan Jawa Barat umumnya,” ungkapnya. Aher menjelaskan, pesta perayaan Cap Go Meh di Jawa Barat sebetulnya tidak hanya di Bogor, tapi juga digelar di Bandung, Cirebon, dan beberapa wilayah lainnya.

“Namun, kehadiran Presiden mengukuhkan pesta rakyat Cap Go Meh di Kota Bogor menjadi yang terbesar di Jawa Barat,” tegasnya. Selain di Bogor, Jawa Barat, perayaan Cap Go Meh juga digelar di beberapa daerah di Indonesia. Di Pontianak, Kalimantan Barat, misalnya, 12 replika naga melakukan atraksi di kawasan pecinan Kota Pontianak kemarin. Sebelum atraksi, terlebih dahulu dilakukan ritual “buka mata” di Kelenteng Kwan Tie Bio Pontianak.

Haryudi/Ant
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3219 seconds (0.1#10.140)