PAN Bertekad Jadi Rumah Besar Rakyat Indonesia

Kamis, 05 Maret 2015 - 12:09 WIB
PAN Bertekad Jadi Rumah Besar Rakyat Indonesia
PAN Bertekad Jadi Rumah Besar Rakyat Indonesia
A A A
Kompetisi dalam Kongres IV PAN telah usai dan Zulkifli Hasan telah terpilih sebagai ketua umum DPP PAN periode 2015-2020.

Meskipun dinamika kongres cukup panas, tentu hal tersebut harus sudah selesai. Saat ini sudah saatnya PAN bekerja bersama, menjadikan PAN sebagai rumah besar rakyat Indonesia. Berikut wawancara KORAN SINDO dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Anda baru saja terpilih, apa agenda selanjutnya?

Sekali lagi kami bersyukur. Tentunya, untuk melaksanakan gagasan kami, yang utama, kembalikan PAN sesuai cita-cita pendiri terdahulu, menjadikan PAN sebagai rumah besar bagi seluruh rakyat Indonesia. Yang berkali-kali saya sampaikan, tidak lagi PAN membedakan soal suku, kelompok golongan, dan agama karena bangsa kita telah 69 tahun merdeka.

Konsolidasi apa yang akan dilakukan setelah kongres?

Saya akan mempersatukan kembali semua untuk bersama-sama membesarkan partai. Nanti bersama-sama. Tidak ada yang disingkirkan, semua bersamasama. Semua kader PAN bersatu, tidak ada kubu-kubu lagi, tidak ada kubu Hatta, tidak ada kubu Zulkifli Hasan. Jadi yang ada kubu PAN bersatu padu kompak untuk PAN.

Semua diajak membangun, apakah yang tadinya pendukung Pak Hatta atau Pak Zul. Semua sudah bersatu dan merekalah pejuang-pejuang demokrasi sehingga kita berhasil. PAN telah melewati proses demokrasi yang luar biasa, memberikan contoh politik dan memberikan pelajaran dan lain-lain bagi seluruh negeri. Ini bukan kemenangan Zulkifli Hasan. Ini kemenangan PAN, kemenangannya Pak Hatta. Kemenangan kader partai dan kemenangan kita semua.

Soal pernyataan Pak Amien tentang adanya kader yang tak dimaafkan?

Yang dibilang Pak Amien itu enggak ada, enggak ada. Semua insya Allah dimaafkanlah. Itu kan kompetisi biasa dalam demokrasi ya.

Rencana formatur DPP seperti apa?

Kan masih ada waktu. Anggota formatur kita umumkan dua tiga hari lagi. Kepengurusan sebelum satu bulan sudah selesai semuanya kita berjalan secara cepat.

Apa posisi PAN saat ini tetap bergabung dengan Koalisi Merah Putih atau keluar?

Itu sudah jelas, jadi tetap di KMP, enggak usah janji lagi. Karena berada di luar pemerintahan pun terhormat kok .

Agenda partai dalam menyiapkan Pemilu 2019?

Kami akan duduk bersama, kami akan bikin tim terbaik untuk memenangkan partai. Insya Allah dua digit bisa kita capai. Semoga harapan kita semua mendapat rida Allah. PAN juga akan menggunakan cara berbeda dalam memilih capres dan cawapres, dan hal ini disambut baik oleh seluruh kader PAN.

Nantinya, PAN akan membuka konvensi untuk menjaring kader-kader terbaik PAN, juga orang-orang terbaik dari luar PAN untuk dicalonkan. Ini tradisi baru politik PAN ke depan. Mudah-mudahan agenda tersebut berjalan dan sejalan dengan citacita partai.

Kiswondari
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0009 seconds (0.1#10.140)