10 Batu Nusantara Terpopuler

Kamis, 05 Maret 2015 - 11:20 WIB
10 Batu Nusantara Terpopuler
10 Batu Nusantara Terpopuler
A A A
Demam perhiasan batu kini tengah melanda masyarakat Indonesia. Tak hanya orang dewasa, anak muda juga latah mengikuti tren ini. Para pedagang pun seolah tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini.

Pedagang batu nusantara tersebar dimana-mana. Tak hanya di kios-kios permanen, beberapa pedagang juga menggelar barang dagangannya di pinggir jalan. Lantas batu seperti apa saja yang banyak dicari masyarakat? Berikut hasil jajak pendapat Litbang KORAN SINDO.

1 BACAN 26%
Bacan menjadi jenis batu yang paling populer di kalangan masyarakat saat ini. Batu yang berasal dari Pulau Bacan Halmahera, Maluku Utara ini menjadi begitu terkenal sejak Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan batu cincin tersebut kepada Presiden AS, Barrack Obama. Sejak itu, banyak orang berburu perhiasan batu yang cantik ini. Harganya juga sangat fantastis. Dari Rp500.000 hingga ratusan juta rupiah. Batu bacan sendiri memiliki banyak tipe, di antaranya adalah Bacan doko yang berwarna kehijauan, Bacan Palamea yang kebiruan serta Bacan Obi.

2 KECUBUNG 24%
Kecubung atau Amethyst merupakan salah satu jenis batu mulia yang biasa digunakan sebagai pelengkap perhiasan. Batu yang berwarna ungu ini konon dapat meningkatkan aura atau wibawa si pemakai. Batu ini dahulu kala sering dipakai oleh raja – raja karena warna batunya yang indah. Di Indonesia, batu ini bisa ditemukan di daerah Kalimantan. Untuk harga, batu ini dijual dengan kisaran Rp. 350.000 hingga puluhan juta rupiah.

3 BLACK OPAL KALIMAYA 21%
Black Opal merupakan turunan dari batu Kalimaya. Warnanya yang unik yang didominasi dengan warna hitam membuat Black Opal memiliki daya tarik tersendiri. Daya tarik lainnya adalah adanya mitos yang berkembang di kalangan masyarakat Indonesia seputar batu ini. Black Opal konon bisa memperlihatkan suasana hati seseorang. Jika bercahaya berarti si pemilik sedang merasa senang, sebaliknya jika redup maka si pemilik sedang merasa sedih. Batu black opal ini biasa ditemui di daerah Banten. Sementara untuk harga bervariasi.

4 PANCAWARNA 6%
Sesuai dengan namanya, batu pancawarna ini pasti memiliki 5 warna. Biasanya, batu ini memiliki warna merah, putih, hitam, kuning, dan hijau. Batu pancawarna ini berasal dari daerah Garut, Jawa Barat. Harga batu ini berkisar antara Rp1 juta rupiah sampai dengan puluhan juta rupiah. Semakin unik dan indah coraknya semakin mahal pula harganya.

5 GIOK 5%
Berbeda dengan batu nusantara lainya, batu Giok telah terkenal sejak zaman dahulu kala. Batu Giok merupakan salah satu jenis dari batu permata. Bahkan, karena keindahan dari batu ini, tak jarang banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memalsukan batu ini. Walaupun batu ini terkenal berasal dari China dan Myanmar, namun batu Giok juga banyak ditemukan di daerah Aceh. Harga untuk batu Giok bervariasi tergantung kualitas batu, berkisar antara Rp1 juta sampai dengan puluhan juta rupiah.

6 SOLAR ACEH 4%
Sesuai dengan namanya, tentu saja batu ini banyak ditemukan di Aceh. Batu solar Aceh banyak diburu oleh para pencinta batu. Bahkan, salah satu pameran batu di bilangan Jakarta Pusat beberapa waktu lalu berhasil menjual batu Solar Aceh ini dengan harga Rp200 juta. Wajar saja, batu yang berasal dari Kota Serambi Mekkah ini memiliki keunikan yang berbeda dengan batu lainnya yaitu jika di pegang terasa dingin. Selain itu warnanya yang unik seperti solar menjadi daya tarik tersendiri.

7 PANDAN 4%
Jenis batu akik pandan ini juga banyak dicari orang karena corak dan warnanya yang beragam. Batu Pandan yang banyak dikenal adalah batu pandan sutra, pandan nanas, pandan suji pandan kapas, serta pandan lumut. Batu pandan ini dihargai sekitar Rp900.000 sampa jutaan rupiah.

8 SAFIR 4%
Warna biru adalah warna yang identik dengan batu Safir, walaupun ada juga Safir dengan warna kuning, hijau, putih ataupun merah muda. Batu ini menjadi populer saat Pangeran Charles memberikan cincin tunangan kepada Lady Diana berupa batu Safir. Di Indonesia, Safir bisa ditemukan di daerah Pacitan (Jawa Tengah) dan Kalimantan. Batu ini juga banyak dicari karena memiliki serat dan pancaran cahaya yang menarik.

9 PIRUS 2%
Pirus merupakan jenis batu yang memiliki banyak variasi warna. Warna biru pada batu ini didapat dari kandungan tembaga yang dimiliki. Semakin tinggi kandungan tembaga, maka bebatuan ini akan semakin biru. Warnanya yang menarik membuat banyak orang mencari batu ini untuk dijadikan aneka perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, hingga liontin. Istimewanya lagi, batu Pirus juga diyakini berkhasiat dalam proses penyembuhan penyakit.

10 BATU SULAIMAN 1%
Batu akik Sulaiman memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta batu akik. Warna coklat batu ini membuat perhiasan yang dilengkapi batu Sulaiman akan tampak menawan. Tak heran jika banyak orang yang memburu jenis batu Sulaiman. Terlebih batu ini juga dipercaya dapat membawa energi positif bagi yang menggunakannya. Harga batu Sulaiman dibanderol antara ratusan ribu sampai jutaan rupiah

MITOS BATU AKIK

Batu akik bagi masyarakat Indonesia khususnya Jawa memiliki bermacam cerita dan mitos. Menurut mitos batu akik memiliki khasiat terutama lima warna utamanya merah, hijau, kuning, hitam, dan putih.

Pengasihan
Memancarkan pesona asmara, dan kasih sayang walaupun pemakainya memiliki wajah tidak tampan Memberikan rasa tentram bagi rekan kerja, pacar, istri maupun teman pemakai batu akik. Memunculkan aura dimana kita disayangi orang-orang di sekeliling kita.
Kewibawaan
Memberikan dan memancarkan energi kharismatik, walaupun terlihat menyenangkan tetapi juga dihormati dalam kesehariannya Menimbulkan rasa percaya diri di hadapan khalayak, pimpinan maupun anak buah di kantor
Penaklukkan
Dalam berkomunikasi atau negosiasi dapat membuat lawan bicara sangat percaya, kagum, dan tertegun dengan apa yang diucapkan Bagi orang yang diajak berkomunikasi akan mengikuti saran yang kita sampaikan.

SEMBUHKAN PENYAKIT HINGGA PANCARKAN KHARISMA

1.Batu Merah Delima
Dipercaya bisa mengobati orang yang terkena racun dan menghilangkan penyakit mistis seperti guna-guna dan juga untuk menarik simpati

2.Batu Kecubung
Dipercaya bisa memudahkan pergaulan dan membangun relasi. Kecubung rambut dianggap meningkatkan gairah hidup untuk pria karena memperluas pergaulan

3.Batu Giok
Batu giok dipercaya membuat hati bertambah tenang, tenteram dan juga banyak digunakan sebagai obat untuk penderita ginjal dan rematik

4.Batu Amber
Dipercaya mampu memancarkan kharisma sehingga memiliki daya tarik yang kuat

5.Batu Intan
Dipercaya meningkatkan rasa percaya diri si pemakai dan memberikan ketenangan batin serta menambah semangat hidup

6.Batu Pirus
Batu pirus dipercaya memiliki khasiat membawa kedamaian, kebahagiaan dalam rumah tangga, dan juga dipercaya membawa keberuntungan usaha bagi pemiliknya

Foto-Foto: Istimewa/Grafis: Bobby Firmansyah
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2705 seconds (0.1#10.140)