Wanita Tertua di Dunia Rayakan Ultah Ke-117

Kamis, 05 Maret 2015 - 10:51 WIB
Wanita Tertua di Dunia Rayakan Ultah Ke-117
Wanita Tertua di Dunia Rayakan Ultah Ke-117
A A A
Ada yang berbeda di Panti Jompo Higashisumiyoshi-ku, Osaka, Jepang, kemarin. Ada pesta ulang tahun yang dirayakan cukup meriah di tempat itu.

Wanita penyandang gelar orang tertua di dunia, Misao Okawa, berulang tahun hari ini, 5 Maret. Memang, dia sendiri dan pihak keluarga menginginkan syukuran hari lahir ke-117 tahun ini dilakukan kemarin. Dalam acara itu, hadir pula perwakilan Pemerintah Kota Osaka serta dua anak Misao Okawa. Empat cucu dan enam cicitnya juga turut dalam momen istimewa ini.

“Apa rahasia Anda berumur panjang?” tanya perwakilan Pemerintah Kota Osaka, Takehiro Ogura, sembari menyerahkan bouquet bunga besar. Misao tidak langsung menjawab pertanyaan Ogura. Wanita kelahiran Tenma, Osaka, 5 Maret 1898 itu mengungkapkan, 117 tahun tidak selama yang dibayangkan. “Itu seperti waktu yang cukup pendek,” ujar Misao seperti dilansir BBC . Dalam suatu wawancara, Misao mengungkapkan rahasianya berumur panjang adalah disiplin dalam hal makan dan tidur.

“Saya juga penasaran apa yang membuat saya berumur panjang. Tapi saya rasa makan yang benar dan tidur tidak kurang dari delapan jam,” ungkap penyuka sushi ini. Satu-satunya orang tersisa yang merasakan abad ke-19 tersebut juga mengingatkan pentingnya berolahraga. Misao masih melakukan olahraga hingga dia berusia 102 tahun. “Selain itu, kalian juga harus tahu kapan untuk bersantai, liburan,” kata Misao kepada para pewawancaranya.

Menurut para perawat di Panti Jompo Higashisumiyoshi-ku, kondisi kesehatan Misao sangat baik. “Dia hanya mengalami masalah pada pendengarannya. Dia masih bisa makan dan minum sendiri dengan baik,” ujar salah satu perawat. Misao masih bisa berjalan dengan sangat baik hingga berusia 110 tahun. Tapi kemudian perawat “memaksanya” memakai kursi roda lantaran kekhawatiran jatuh.

Misao menjadi orang tertua di dunia setelah wanita Jepang lainnya, Koto Okubo, meninggal dunia pada 12 Januari 2013. Misao ditahbiskan oleh Guinness World Recordssebagai orang tertua di dunia pada 27 Februari 2013 atau enam hari sebelum ulang tahunnya yang ke-115. Dibandingkan dengan negara lain, Jepang merupakan rumah bagi lebih dari 58.000 orang dengan usia lebih dari 100 tahun dan sekitar 87% dari mereka adalah wanita. Misao menikah dengan Yukio Okawa pada 1919.

Dengannya, Misao memiliki dua putri dan satu putra. “Kini yang masih hidup hanya putranya, Hiroshi, dan salah satu putrinya, Shizuyo,” ujar kerabat Misao. Sejak Yukio meninggal dunia pada 20 Juni 1931, Misao tidak pernah menikah lagi.

Hanna
Jakarta
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5613 seconds (0.1#10.140)