Elegan Dan Canggih

Kamis, 05 Maret 2015 - 09:43 WIB
Elegan Dan Canggih
Elegan Dan Canggih
A A A
Memasuki segmen yang baru bagi Lexus merupakan sebuah tantangan. Namun, engineer dan desainer Lexus berhasil menciptakan mobil compact sport utility vehicle (SUV) dengan kenyamanan dan fitur canggih.

Lexus NX diciptakan untuk melengkapi segmen SUV pada Lexus yang sebelumnya sudah tersedia RX dan LX. Lexus mengawali segmen SUV dengan kehadiran LX pada 1995 silam sebagai premium luxury SUV. Kini, Lexus melengkapi segmen SUV dengan meluncurkan secara resmi di Indonesia, Lexus NX, yang hadir dengan berbagai fitur unggulan dan kemewahan khas Lexus.

Dengan konsep “Premium Urban Sport Gear”, Lexus NX dibekali dengan fitur canggih dan terdepan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan serta keamanan bagi pengemudi maupun penumpang. Para desainer Lexus mampu menerjemahkan dimensi kompak menjadi sebuah SUV lincah, performa memadai, efisien, serta memiliki utilitas tinggi sehingga memberikan kesenangan berkendara.

“Kami optimistis NX akan menjadi pilihan terbaik pada compact luxury SUV,” kata Suparno Djasmin, Lexus Principal Indonesia. Untuk pasar Indonesia, Lexus memberikan varian Luxury maupun F-Sport pada NX 200t. Perbedaan ada pada segi eksterior dan beberapa fitur. Di F-Sport terlihat lebih sporty, khususnya pada spindle grille dan interior yang memberikan nuansa performance.

Desain yang diambil untuk pengembangan NX adalah bentuk berlian, yakni lancip di depan, melebar di tengah, dan kembali lancip di bagian akhir. Dari depan terlihat garis di kap mesin menyatu secara apik dengan spindle grille . Garis berlian terlihat jelas di bodi samping dan berlanjut ke bagian buritan NX.

Untuk membuat NX tampil sporty dan tampak seperti senantiasa bergerak, desainer NX menambahkan garis yang tegas di bagian bawah dekat pintu belakang. Bagian bahu dan pilar-C terlihat sangat kokoh dan modern. Hasilnya adalah desain edgy and bold yang terlihat aerodinamis, bahkan nilai Cd tercatat, 0,33. Lampu utama pada NX menggunakan LED terbaru berbentuk huruf L yang dapat memancarkan sinar terang tanpa menyilaukan pengendara lain.

Bagian buritan tidak kalah terlihat sporty dengan lampu berbentuk L dan muffler yang seolah terintegrasi dengan bumper belakang. Sementara, tampak samping, NX terlihat kokoh dan sesuai karakter urban lifestyle. Masuk ke dalam kabin NX, nuansa sport terasa kental dengan dasbor berdesain tegas dan dihiasi tombol yang ergonomis. Bangku yang sporty juga nyaman dan memeluk tubuh secara sempurna.

Lingkar kemudi NX juga nyaman digenggam dan mampu memberikan kepercayaan diri saat mengemudi. Dasbor NX memiliki desain yang menyerupai spindle grille dengan berbagai tombol yang mudah diraih dan menghadirkan ergonomi tinggi. Kabin NX dibalut dengan kemewahan khas Lexus yang memberikan attention to detail yang nyaris sempurna dengan berbagai hal kecil yang melebih ekspektasi pengemudi dan penumpang.

Desain spedometer NX terlihat informatif dan mewah dengan dua bulatan besar yang mengapit information display. Compact Luxury SUV NX ini merupakan Lexus pertama yang menggunakan teknologi eco-turbo. Turbo yang dikembangkan Lexus pada NX ini menghasilkan teknologi pertama di dunia dengan menggunakan cylinder head yang terintegrasi dengan water-cooled exhaust manifold.

Performa yang dimiliki Lexus NX turbo ini sangat memadai namun tetap memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi. “Teknologi turbo pada Lexus NX memberikan performa memadai namun sekaligus menghadirkan efisiensi bahan bakar yang mumpuni,” kata Takeaki Kato, Chief Engineer Lexus NX. Di pasar dunia, Lexus juga menawarkan NX 300h menggunakan mesin hybrid dan pilihan penggerak roda depan, serta penggerak AWD. Untuk konsumen Indonesia, NX 200t tersedia dengan penggerak roda depan.

Anton Chrisbiyanto
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4584 seconds (0.1#10.140)