Program Beauty for a Better Life

Minggu, 01 Maret 2015 - 13:41 WIB
Program Beauty for a Better Life
Program Beauty for a Better Life
A A A
L’oreal Indonesia mempersembahkan Beauty for a Better Life , program pendidikan tata rambut bagi perempuan kurang mampu untuk membangkitkan kepercayaan diri dan menambah penghasilan bagi anggota keluarga.

Program tersebut diadaptasi dari inisiatif global L’Oreal Fondation bertajuk Beauty for a Better Life (BFBL). Program ini dirancang untuk memberdayakan perempuan dengan latar belakang yang kurang beruntung agar dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk menyongsong masa depan yang lebih baik melalui pelatihan tata rambut berkualitas secara gratis.

Sebagai perwujudan dari keyakinan L’Oreal bahwa kecantikan memiliki kekuatan untuk mengubah kehidupan ke arah yang lebih baik. Program ini telah diluncurkan di 19 negara mulai kawasan Eropa, Amerika Latin, Asia, hingga Timur Tengah, dan telah membantu sekitar 1.400 orang yang membutuhkannya. “Program L’Oreal tersebut sesuai dengan filosofi Bung Hatta, yakni mendidik seorang perempuan sama halnya dengan mendidik satu generasi.

Filosofi ini selaras dengan konsep solidaritas kemasyarakatan L’Oreal yang difokuskan kepada edukasi terhadap perempuan di seluruh dunia melalui bidang sains dan kecantikan, yang merupakan dua pilar utama perusahaan selama lebih seabad lamanya. Di Indonesia, selama lebih dari 11 tahun kami telah membina komunitas perempuan dan sains melalui program For Women in Science dan L’Oreal Girls Science Camp, dan kini melalui program Beauty for a Better Life,” tutur Vismay Sharma, President Director L’Oreal Indonesia kepada media massa di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Program Beauty for a Better Life telah dijalankan melalui periode uji coba selama satu tahun di Indonesia sejak Januari 2014 dengan mendirikan tiga pusat pelatihan di Karawang, Cianjur, dan Sukabumi, Jawa Barat. Sepanjang tahun lalu, program ini telah dievaluasi secara mendalam dan telah memberikan pelatihan tata rambut efektif kepada sebanyak 94 orang penerima manfaat yang direkrut dan dibina melalui kemitraan dengan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada pemberdayaan perempuan dengan keterbatasan sosial ekonomi di berbagai penjuru Indonesia.

“Pekka memfokuskan upayanya pada pemberdayaan perempuan kepala rumah tangga yang bertanggung jawab sebagai tulang punggung keluarga, memiliki keterbatasan pendidikan, dan dalam beberapa kasus juga termasuk mereka yang dilecehkan secara fisik maupun mental.

Kerja sama kami dengan L’Oreal dalam Beauty for a Better Life berupaya untuk membuka jalan memperkaya kemampuan mereka untuk membangun kembali status sosial mereka di masyarakat,” ujar Nani Zulminarni, pendiri Pekka dan aktivis kesetaraan gender.

Survei Sosial dan Ekonomi Nasional (Susenas) di Indonesia pada 2012 menunjukkan bahwa jumlah rumah tangga yang dikepalai oleh perempuan telah mencapai 14,42% dari total jumlah penduduk. Kebanyakan dari mereka memiliki sampai dengan enam tanggungan dan sebagian besar bekerja sebagai buruh tani dan sektor informal lainnya, termasuk pedagang kecil dengan pendapatan harian kurang dari satu dolar AS.

“Melalui Beauty for A Better Life, kami berusaha untuk menjangkau perempuan yang membutuhkan dengan memberikan pelatihan tata rambut sesuai dengan standar kualitas L’Oreal secara global. Selama 16 minggu, setiap penerima manfaat akan dilatih dengan beragam keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi penata rambut yang sukses, termasuk dasar-dasar keterampilan keramas dan creambath, penataan rambut,

pengeritingan, tekstur, pewarnaan, dan pengguntingan rambut melalui kelas teori maupun praktik magang secara langsung di salon,” sebut Melanie Masriel, Head of Corporate Communications, L’Oreal Indonesia.

Sali pawiatan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3637 seconds (0.1#10.140)