Ed Sheeran, Penyanyi Top Inggris

Jum'at, 27 Februari 2015 - 11:09 WIB
Ed Sheeran, Penyanyi Top Inggris
Ed Sheeran, Penyanyi Top Inggris
A A A
Penyanyi sekaligus penulis lagu Ed Sheeran menjadi musisi dengan album terbaik dan penyanyi pria terbaik pada penghargaan musik Brit Awards 2015 pada Rabu (25/2) waktu setempat.

Sementara, Sam Smith dan One Direction juga berhasil membawa pulang piala bergengsi ini. Ed tidak menyangka albumnya berjudul “X” mendapat apresiasi luar biasa. Dia tampak terkejut saat naik ke atas panggung untuk menerima piala bentuk patung pink pucat yang dirancang seniman Inggris Tracey Emin ini. Pasalnya, saingannya cukup berat.

Untuk British Album of TheYear , Ed harus mengalahkan penyanyi kenamaan, yakni lt-J (This Is All Yours ), George Ezra (Wanted on Voyage ), Royal Blood (Royal Blood ), dan pemenang Grammy 2015 Sam Smith (In the Lonely Hour ). Sementara, untuk British Male Solo Artist, pelantun tembang The A Team ini menyingkirkan Damon Albarn, George Ezra, Paolo Nutini, dan Sam Smith.

“Saya tidak mengharapkan itu (penghargaan). Ini merupakan tahun yang sangat baik untuk musik Inggris,” katanya dengan haru. Namun, Sam Smith yang kalah di kategori bergengsi tersebut, tetap berhasil memboyong piala untuk British Breakthrough Act yang diseleksi dari suara publik di BRITs.co.uk dan BBC Radio 1.

Dia mengalahkan Chvrches, FKA Ranting, George Ezra, dan Royal Blood. Memang album Smith berjudul “In The Lonely Hour” yang dirilis pada Mei 2014 langsung menempati posisi pertama di album chart Inggris. Dia juga memiliki dua single lain yang cukup diperhitungkan, yakni Stay With Me dan Money On Mind. Sementara, grup vokal yang tengah digandrungi remaja dunia, One Direction berhasil membawa pulang piala untuk kategori Video of the Year untuk lagu You & I.

Keberhasilan One Direction di ajang ini juga didukung oleh klipnya yang paling banyak ditonton di YouTube selama 5 minggu terakhir. Brit Awards 2015 juga mengapresiasi penyanyi dunia yang mampu berbicara di Inggris. Seperti Pharrell Williams, penyanyi asal Virginia Beach, Virginia, Amerika Serikat, yang meraih International Male Solo Artist. Dia mengalahkan Beck, Hozier, Jack White, dan John Legend.

Nama Taylor Swift terpilih untuk pertama kalinya meraih International Female Solo Artist. Dia bersaing ketat dengan Beyonce, Lana Del Rey, Sia, dan St Vincent. Pada 2010 Swift hanya masuk nominasi saja untuk Breakthrough Act Internasional dan International Female Solo Artist pada 2013.

Untuk International Grup, piala diberikan kepada band rock asal Amerika Foo Fighter. Kelompok musik ini meraih penghargaan ketiga kalinya dari Brit Awards . Pada 2008 Foo Fighter mendapatkan Best Album International untuk album “Echoes, Silence” dan pada 2012 untuk “Patience & Grace”.

Ananda nararya
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9642 seconds (0.1#10.140)