Persib Pimpin Klasemen Grup H

Kamis, 26 Februari 2015 - 10:52 WIB
Persib Pimpin Klasemen Grup H
Persib Pimpin Klasemen Grup H
A A A
BANDUNG - Persib Bandung memantapkan diri berada di posisi puncak dan memimpin sementara grup H pada kompetisi Asian Football Confederation (AFC) Cup 2015 dengan raihan tiga poin.

Di laga perdana babak penyisihan grup H di Stadion si Jalak Harupat, Soreang Kabupaen Bandung, kemarin sore, Maung Bandung berhasil menumbangkan New Radiant, wakil dari Maladewa dengan skor telak 4-1. Empat gol Persib indah masing-masing disarangkan oleh Ahmad Jufriyanto di menit ke-14; Makan Konate di menit ke-42; Atep di menit ke-45; dan Yandi Sofyan Munawar di menit ke-90. Sedangkan gol satu-satunya New Radiant diciptakan Ali Ashadh di menit ke-59.

Dengan kemenangan tersebut, target Persib untuk mengaman kan tiga poin di laga perdana AFC Cup 2015 ini tercapai. Sedangkan New Radiant harus pulang dengan kepala tertunduk. Pelatih Kepala Persib Bandung di AFC Cup 2015 Emral Abus mengatakan, puas dengan hasil yang telah diraih para pemain Maung Bandung. Padahal semula dia mengaku was-was dengan permainan yang diterapkan lawan, salah satunya strategi serangan balik yang cukup cepat.

“Yang pasti saya puas. Padahal mereka (New Radiant) punya kecepatan dan serangan balik yang berbahaya. Tapi alhamdulillah anak-anak bisa melakukan instruksi yang direncanakan dengan menerapkan bola-bola bawah. Terbukti tiga gol terjadi di babak pertama,” kata Emral dalam jumpa pers seusai pertandingan. Saat memasuki babak ke dua, Emral menginstruksikan para pemain untuk waspada, sebab bukan tidak mungkin lawan akan bermain ngotot apalagi setelah mengalami ketertinggalan tiga gol.

“Memang terjadi, lawan bisa melakukannya (cetak gol). Di situ kami ubah pola permainan dengan melakukan pergantian pemain. Hal itu juga agar meningkatkan kembali rasa percaya diri pemain. Alhamdulilah di menit akhir bisa cetak gol lagi. Skor men jadi 4-1,” tutur dia. Meski begitu, Emral mengaku belum sepenuh nya puas mengingat saat per tandingan tadi, para pemain tim yang juga berjuluk Pangeran Biru itu masih kesulitan dalam mencetak gol. Terbukti dengan beberapa peluang yang tercipta, baik di babak pertama maupun babak kedua tapi tak juga membuahkan gol. “Seharusnya para pemain lebih bersabar. Karena terlalu terburu-buru ingin mencetak gol hasilnya melenceng. Ini yang akan kami benahi kedepannya,” ujar Emral.

Kewalahan
Sementara itu, pelatih New Radiant Mika Lonnstrom tak mampu memendam kekecewaannya. Kekalahan ini mengingat kannya saat musim lalu. “Performa kami di babak pertama sangat buruk, taktik kami tidak sesuai rencana. Makannya kami lakukan dua sampai tiga perubahan dan kami punya permainan bagus selama 15 menit.

Tapi sepak bola itu 90 menit dan hasilnya kami kalah,” ungkap Mika. Mika menerima kekalahan yang dialami pasukannya. Tentu, lanjut dia, hal ini perlu dilakukan evaluasi secara mendalam. “Kami butuh analisis mendalam. Pemain kami begitu frustasi dengan gol-gol yang diciptakan Persib. Saya akui pertahanan kami mulai kacau ketika Persib mencetak gol cepat. Kami kewalahan. Seharusnya kami menekan Persib ketika mereka masuk ke sepertiga permainan kita. Tapi kita tetap kalah,” kata Mika.

Sebagai pelatih, Mika mengaku cukup mengerti dengan keadaan yang dialami pasukannya. Namun dia berharap rasa frustasi yang dialami skuat New Rediant tidak berimbas pada laga selanjutnya. “Tiga belas kali pelanggaran yang dilakukan pemain kami. Itu wajar karena memang pemain kami frustasi. Tapi saya ucapkan terima kasih, karena merasa diterima di sini (Kota Bandung). Sekarang saya akui kami sedang kecewa. Semoga di kemudian hari kami yang happy dan kalian yang tidak happy,” ungkap dia.

Permainan Keras
Dalam susunan line up pemain. Pelatih Persib Bandung Emral Abus langsung menurunkan pemain andalannya. Seperti I Made Wirawan (PG), Vladimir Vujovic, Ahmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Tony Sucipto, M Ridwan, Hariono, Dedi Kusnandar, Makan Konate, Atep dan Tantan.

Sementara di kubu New Radiant, pelatih Mika Lonnstrom menurunkan Alisher Akhmedov (PG), Abdulla Ahmad, Mohamed Rasheed, Ahmed Shafiu, Ibrahim Sabah Mohamed, Sunday Patrick Okoro, Viliam Maoko, Sifan Mohamed, Ali Ashad, Dave Moli, Hamza Mohamed dan Abdull Gani Akram. Sejak peluit dibunyikan, tim tamu langsung mendapatkan peluang. Beruntung sepakan keras yang dilakukan Hamza masih melambung jauh diatas mistar gawang Persib.

Persib mencoba melakukan serangan balasan. Namun kerap mentah di barisan pertahanan lawan. Permainan keras ditunjukkan pasukan New Radiant. Beberapa pelanggaran terjadi. Namun sayangnya belum dapat dimanfaatkan baik Persib Bandung. Sial bagi New Radiant, tepat di menit 14, Persib Bandung berhasil mengubah kedudukan menjadi 1-0, setelah Ahmad Juf riyanto berhasil memanfaatkan tendangan keras Tantan yang langsung mengubah arah bola dan tak mampu ditangkap kiper New Radiant, Alisher Akhmedov.

Persib Bandung kembali mendapatkan peluang. Namun sayang, M Ridwan yang sudah berhadapan dengan kiper tak mampu menceploskan sepakan nya kedalam gawang lawan. Menit 25, New Radiant mencoba mengancam gawang Persib. Beruntung tendangan Abdull Gani hanya membentur tiang atas gawang. Pada menit ke-30, Persib Bandung mendapatkan peluang. Namun tendangan keras Konate dari hasil crosing Ridwan hanya melambung jauh di atas mistar gawang lawan.

Menit 42, Persib Bandung berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0. Kali ini gol dicetak Makan Konate yang men dapatkan umpan silang terukur dari Tony Sucipto. Unggul 2-0 tak mengendurkan serangan Persib. Beberapa peluang diciptakan. Terbukti tepat di penghujung akhir babak pertama, Persib kembali mencetak gol. Kali ini diciptakan Atep yang mendapatkan umpan silang dari M Ridwan.

Skor 3-0 menutup babak pertama. Memasuki babak kedua, baik Persib maupun New Radiant belum melakukan pergantian pemain. Pasukan Persib Bandung langsung bergerak mengambil inisiatif serangan. Namun pertahanan kokoh yang ditunjukkan New Radiant masih belum dapat ditembus. Kartu kuning pertama dikeluarkan wasit untuk pemain Persib Bandung Ahmad Jufriyanto setelah melanggar Viliam Macko tepat dimenit 49.

Menit 51, New Radiant melakukan pergantian dengan memasukkan Niyaz Ahmed mengeluarkan Sunday Patrick Okoro. Keasikan menyerang, para pemain Persib lupa akan pertahanan. Buktinya tepat di menit 59, New Radiant berhasil men jebol gawang Persib melalui Ali Ashadh usai memanfaatkan umpan silang yang dilakukan Abdull Gani.

Skor berubah 3-1. Menit 67, kartu kuning kembali diberikan kepada Persib. Kali ini I Made Wirawan harus diganjar setelah dinilai terlalu lama dalam melakukan tendangan gawang. Serangan demi serangan terus dilancarkan Maung Bandung. Beberapa peluangpun didapatkan, sayang belum menghasilkan gol. Menit 74, Persib melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Dias Angga Putra dan menarik keluar Supardi Nasir. Tak lama berselang, Yandi Sofyan pun diturunkan menggantikan M Ridwan.

Menit 81, giliran New Radiant melakukan pergantian pemain. Memasukkan Waheed Rilwan menarik keluar Abdul Gani Akram. Baru saja masuk, pemain yang baru dimasukkan ini langsung melakukan pelanggaran keras terhadap Makan Konate. Menit 83, Persib Bandung melakukan pergantian pemain terakhirnya. Firman Utina dimasukkan menggantikan Hariono.

Memasuki menit akhir babak kedua, satu gol lagi berhasil disarangkan Maung Bandung. Kali ini dilesatkan Yandi Sofyan Munawar setelah memanfaatkan umpan Tantan dari sisi kiri gawang lawan, mengenai kaki Atep lalu disambar pemain bernomor punggung 99 ini. Skor berubah 4-1. Skor telak untuk Persib itu bertahan hingga peluit tanda pertandingan berakhir, dibunyikan oleh wasit.


Muhammad ginanjar
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9907 seconds (0.1#10.140)