Agama Warga Negara Spanyol dan Persentasenya

Rabu, 14 Desember 2022 - 17:00 WIB
loading...
Agama Warga Negara Spanyol dan Persentasenya
Agama Warga Negara Spanyol dan Persentasenya. FOTO/Reuters
A A A
MADRID - Spanyol merupakan sebuah negara yang berada di semenannjung Iberia Benua Eropa yang tepatnya berada di Eropa bagian barat daya. Dikutip dari worldometers-inf, jumlah penduduk pada tahun 2022 ini mencapai 48 juta jiwa atau setara dengan 0,6% dari total populasi dunia.

Dari banyaknya jumlah warga negara tersebut, mayoritas warga negaranya beragama Katolik, sehingga agama Katolik pernah dijadikan sebagai agama resmi oleh pemerintah. Namun, penetapan agama Katolik telah berakhir menjadi agama resmi sejak tahun 1978, hal tersebut sudah menjadi aturan resmi yang termaktub dalam konstitusi 1978.



Perubahan konstitusi tersebut terjadi setelah meninggalnya pemimpin negara yakni Francisco Franco, sehingga peran agama dalam negara berkurang secara signifikan. Akibat dari perubahan Konstitusi tersebut, muncul beberapa paham kepercayaan yang mengikat menjadi agama yang dianut oleh warga negaranya.

Dikutip dari indexmundi-com, berikut agama yang dianut oleh warga negara Spanyol.

1. Kristen (68%)
Kristen merupakan agama yang paling banyak dianut oleh warga negara spanyol periode 2022. Jumlah warga negara yang menganut agama Kristen berjumlah 78,6% dari total jumlah penduduk.

2. Tidak Beragama (19%)
Warga negara yang tidak memiliki agama berada dalam peringkat kedua, yang berjumlah 19 % dari total keseluruhan jumlah penduduk.

Dari hasil analisis indexmundi pada tahun 2020 terjadi peningkatan warga negara yang tidak beragama. Peningkatan tersebut setiap tahunnya berubah ubah, namun bisa diambil rata - rata bahwa peningkatan berkisar 1,3 persen setiap tahunnya.



3. Islam (2,1%)
Di spanyol juga terdapat warga negara yang beragama islam. Populasi warga negara yang beragama islam mencapai 967 ribu jiwa.
Oleh karena itu Islam menjadi agama terbanyak nomor tiga dengan total persentase mencapai 2,1 % dari total jumlah penduduknya.

4 Yahudi (0,1%)
Selain agama islam Yahudi juga kerap dali dianut, dengan jumlah populasi mencapai 46 ribu. Dengan jumlah tersebut Yahudi menempati posisi ke empat dari beberapa agama yang ada dianut oleh warga negaranya.

5. Hindu (0,04%)
Agama terakhir yang banyak dianut oleh warga spanyol adalah agama Hindu. Agama ini memiliki populasi sebanyak 20 ribu orang, sehingga persentase dari penganut agama ini adalah 0,04 %.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)