Perpaduan Apik Performa Dan Kemewahan

Kamis, 26 Februari 2015 - 10:32 WIB
Perpaduan Apik Performa Dan Kemewahan
Perpaduan Apik Performa Dan Kemewahan
A A A
Lexus RC F menjanjikan kedinamisan berkendara yang dibalut dalam kemewahan. Mobil ini tidak hanya menawarkan sentuhan kemewahan tinggi, tapi juga inovasi terkini. Lexus tidak terlalu identik dengan kecepatan atau sport.

Divisi premium dari Toyota tersebut lebih sering dikenal dengan kemewahan ultra. Itulah mengapa banyak orang mengernyitkan dahi mereka ketika Lexus terjun ke dalam segmen sport. Hasilnya cukup sukses ketika Lexus memperkenalkan mobil sport pertama mereka, Lexus LFC. Keberhasilan ini membuat Lexus melanjutkan spesies sport ke dalam lini produknya.

Salah satunya yang sudah mampir ke Indonesia adalah Lexus RC F. Karena masih terlalu muda membuat mobil sport, Lexus memang tidak terlalu menonjol dari segi styling . Setidaknya Lexus RC F masih terkesan sama dengan mobil-mobil mewah yang biasa dibuat oleh Lexus. Tidak ada desain menonjol yang membedakan antara mobil ini dengan lini produk yang ada di Lexus.

Namun, bukan berarti Lexus tidak bisa membuat mobil ini terasa agresif layaknya mobil sport. Lihat saja laburan kelir hitam yang ada di grille yang diklaim Lexus dinamakan Spindle Grille. Bagian ini didominasi warna hitam yang membuatnya tampil dominan. Atmosfer kencang juga disajikan desain bodi agresif dan dramatis.

Sentuhan unik terlihat pada desain lampu depan dan sayap belakang kecil yang keluar saat kecepatan melampaui kecepatan 80 kilometer per jam. Masuk ke dalam, atmosfer balap digambarkan bucket seat mewah. Pengaturnya serbaelektris, termasuk saat Anda merebahkannya ke depan dan otomatis bergeser ke depan untuk memberikan ruang ke kabin belakang.

Tata letak dasbor dibuat apik dengan kualitas material solid dan premium. Nah yang menarik, desainnya justru tidak tampil sporty . Untuk ukuran sebuah mobil sport, tampilannya terlalu rapi, bersih, dan mewah. Begitu juga dengan head unit yang tersedia di mobil ini. Jika mobil sport lain memiliki head unit yang futuristis, head unit mobil ini malah tampil konvensional.

Bagian ini justru terlihat sporty ketika panel instrumen menyala dan memendarkan cahaya LED. Dari panel inilah tersaji beragam info yang dibutuhkan sebuah mobil sport, yakni gaya gravitasi dan lap time . Mirip-mirip telemetri dalam bentuk yang paling sederhana. Kelengkapan mobil sport ini memang sangat unik. Saat mobil-mobil sport lainnya tidak terlalu repot memanjakan pengemudi dengan in-car entertainment, Lexus RC F justru hadir dengan fitur in-car entertainment yang eksepsional.

Mobil ini sudah dilengkapi degan remote touchpad yang bisa mengolah segala kebutuhan pengemudi, mulai mengangkat telepon, menyetel radio, navigasi, hingga sistem hiburan lainnya. Kecanggihan lainnya di mobil ini adalah enform remote . Fitur ini berupa aplikasi mobil via ponsel pintar pengemudi.

Lewat fitur ini, pengemudi bisa menyalakan mesin dari kejauhan, mengunci pintu, mengecek level bahan bakar, hingga mencari posisi parkir. Bahkan, aplikasi ini bisa membatasi kecepatan mobil ketika dipakai orang lain. Meski terlalu sibuk membuat mobil ini terlihat mewah, Lexus tidak melupakan bagian paling penting dari sebuah mobil sport, performa.

Mobil ini diberikan mesin V8 4.969 cc dengan kode 2UR-GSE yang mampu mengail tenaga maksimal 467 daya kuda di 7.100 RPM dan torsi maksimal 527 Nm di 4.800 RPM. Adapun yang menarik, mobil ini masuk dalam kategori naturally aspirated . Tidak ada induksi tenaga yang membuat mobil tersebut sedemikian perkasa.

Hanya, Lexus memberikan teknologi tercanggih, mulai atkinson cycle yang digabungkan dengan dual VVT-I sehingga tenaga tersebut terkail. Melihat kemampuan dan performa mobil ini, memang terlalu sayang Lexus mendesain RC F dengan sangat mewah. Namun, mungkin konsumen yang disasar Lexus RC F adalah para eksekutif yang ingin tetap terlihat mewah tapi gampang terganggu jika mobilnya terus diasapi.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5557 seconds (0.1#10.140)