Curup Maung Jadi Wisata Andalan Baru

Minggu, 01 Februari 2015 - 11:32 WIB
Curup Maung Jadi Wisata Andalan Baru
Curup Maung Jadi Wisata Andalan Baru
A A A
BARU-baru ini masyarakat Kota Pagaralam dan sekitarnya kembali gempar terkait penemuan objek wisata air terjun Curup Maung yang bersumber dari Sungai Besemah di Kecamatan Dempo Selatan.

Air terjun Curup Maung memiliki keindahan yang tiada tara karena letaknya di tepian bebatuan dan dedaunan yang membuat pemandangan makin mempesona. Pancuran air terbagibagi disela dinding jurang dan rerumputan. Keindahan alam ini berada di perbatasan antara Kota Pagaralam dan Kabupaten Lahat. Untuk ke Curup Maung wisatawan dapat melewati dua jalur yakni melintasi Dusun Mingkik menuju Bandara Atung Bungsu, Kota Pagaralam yang kondisi jalannya sudah dirintis.

Selain itu, bisa juga melewati kawasan Transmigrasi Tebat Pesok, Kecamatan Gumay Ulu, Lahat. Untuk kendaraan belum dapat langsung ke tepian Air Terjun Curup Maung karena masih harus berjalan kaki menuruni tebing. Maklumlah, air terjun ini baru ditemukan dan masih dalam tahap pengembangan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pagaralam Samsul Bahri Burlian mengatakan, penemuan baru Curup Maung ini menambah daftar objek wisata air terjun di Kota Pagaralam. Untuk itulah, wisatawan yang berkunjung ke Kota Pagaralam akan disuguhi keindahan alam yang masih asri dan alami.

“Memanguntuk sarana dan prasarana masih kurang. Ke depanakan kami bangun secara bertahap dan tentunya membutuhkan dana dan serta dukungan semua pihak. Hal ini mendesak dilakukan karena Kota Pagaralam adalah daerah tujuan wisata diSumsel,” ujarSamsul. Pihaknya juga akan mengajak masyarakat Kota Pagaralam untuk mengelola aset wisata yang ada. Selain dapat terpelihara dengan baik, juga dapat meningkatkan perkonomian masyarakat sekitar daerah wisata.

“Untuk wilayah Sumatera Selatan, Kota Pagaralam adalah daerah paling menarik untuk berlibur bersama keluarga maupun teman. Bisa dikatakan wisata alam sangat lengkap di sini. Apalagi, untuk di kawasan Gunung Dempo sudah banyak wisata air terjun yang bisa dinikmati seperti air terjun Cughup Embun, Cughup Mangkok, Cughup Tujuh Kenangan dan masih banyak lagi,” bebernya.

Sarman, 45, masyarakat Dusun Mingkik, Kecamatan Dempo Selatan mengatakan, aliran sungai pada air terjun Curup Maung berada di Dusun Sukacinta dan Mingkik Kecamatan Dempo Selatan. Dimana, air mengalir hingga ketepian tebing dan akhirnya jatuh ke Sungai Lematang. Jika melihat letaknya air terjun ini milik Kota Pagaralam tetapi untuk menikmatinya agar lebih indah harus berada di Kabupaten Lahat.

“Air terjun yang indah ini harus dikelola bersama antara Pemkot Pagaralam dan Pemkab Lahat karena berada persis di perbatasan. Dengan begitu, aset wisata yang sudah banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri dapat terkelola dengan baik,” ujar dia.

Yayan darwansah
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4366 seconds (0.1#10.140)