Alfamart-Alfamidi Gelar Pelatihan Manajemen Ritel

Sabtu, 31 Januari 2015 - 11:51 WIB
Alfamart-Alfamidi Gelar Pelatihan Manajemen Ritel
Alfamart-Alfamidi Gelar Pelatihan Manajemen Ritel
A A A
JAKARTA - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pengelola Alfamart Alfamidi, memberikan materi pelatihan Manajemen Ritel kepada 100 orang pedagang kecil atau pemilik warung di wilayah Jakarta Barat.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan, pemberian materi pelatihan bertujuan agar para pedagang atau UKM memahami manajemen ritel modern. ”Tudingan yang ada selama ini, ritel modern mematikan warung tradisional. Padahal jika dicermati, ritel modern memiliki segmentasi yang berbeda dengan warung tradisional. Jadi, keduanya bisa hidup dan berkembang secara berdampingan,” ungkapnya dalam keterangan resminya kemarin.

Dia mengungkapkan, materi yang diberikan untuk para pedagang antara lain tips mengelola usaha ritel dengan sentuhan modern, tips mengatur persediaan (stock) barang, tips menata (mendisplay) barang, tips mengatur keuangan (cash flow), hingga product knowledge. ”Kegiatan ini sejalan dengan visi perusahaan, menjadi jaringan distribusi ritel yang berorientasi pada pemberdayaan pengusaha kecil.

Intinya, kami ingin warung tradisional juga bisa berkembang dan bersaing secara sehat dengan ritel modern,” paparnya. Selain memberikan materi tersebut, Solihin mengimbau agar para pedagang juga memiliki keinginan kuat untuk memperbaiki usahanya. ”Jika pedagang tidak punya kesadaran berubah dalam mengelola warungnya, pelatihan ini tidak ada gunanya,” sebutnya.

Wali Kota Jakarta Barat M Anas Efendi dalam kesempatan yang sama menyambut positif penyelenggaraan pelatihan tersebut. ”Ritel modern harusmembantu pedagang kecil di sekitar tokonya agar mereka dapat tetap hidup dan berkembang. Pemerintah ingin mengondisikan terciptapersainganyangsehatantara ritel modern dan warung tradisional,” ucapnya.

Sebelumnya Gubernur Pemprov DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kepada media mengatakan akan mewajibkan peritel menjual produk lokal dengan komposisi di atas 90%.

Hatim varabi
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8564 seconds (0.1#10.140)