Jadwal Kedatangan Jokowi Tak Jelas, Petani Bisa Merugi

Jum'at, 30 Januari 2015 - 13:08 WIB
Jadwal Kedatangan Jokowi Tak Jelas, Petani Bisa Merugi
Jadwal Kedatangan Jokowi Tak Jelas, Petani Bisa Merugi
A A A
SUKOHARJO - Kepastian jadwal kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri panen raya di Kabupaten Sukoharjo masih saja tidak jelas.

Padahal kondisi tanaman padi sudah mendesak untuk dipanen agar kualitas padi terjaga. Jadwal kunjungan ini sudah beberapa kali berubah. Presiden Jokowi awalnya direncanakan datang ke Desa Majasto, Tawangsari, Minggu (25/1) lalu. Setelah itu diinformasikan kedatangan mundur menjadi Selasa (27/1).

Informasi tersebut kembali berubah menjadi Kamis (29/1), kemudian mundur lagi jadi Jumat (30/1), dan informasi terakhir menjadi Sabtu (31/1). Simpang siurnya informasi kedatangan Jokowi membuat petani di Desa Majasto resah. Pasalnya, saat ini tanaman padi yang ada sudah saatnya untuk dipanen sejak beberapa hari lalu. Petani terpaksa harus menunda panen untuk menunggu kedatangan Jokowi.

Dari pantauan di Desa Majasto kemarin, sejumlah petani memilih memanen padinya setelahmendengarkabarJokowi batal datang pada Jumat (30/1) ini. Meski tidak semua tanaman padi dipanen, lahan pertanian yang akan dipanen bersamasama terus menyempit.

Kepala Desa Majasto Rudi Hartono mengatakan awalnya hamparan tanaman padi untuk panen raya itu seluas 150 hektare (ha). Namun, saat ini sekitar 50 ha di antaranya sudah dipanen terlebih dahulu mengingat kondisi padi mendesak untuk dipanen sementara jadwal kunjungan Presiden Jokowi terus berubah-ubah. Rudi mengakui masa panen padi di lokasi panen raya sudah banyak yang terlewati sehingga berimbas pada kualitas panen.

Seperti gabahnya rontok di tempat dan ganasnya serangan burung pipit. Selain itu, jika sampai tanaman rebah dan terendam air, kualitas gabah memburuk. “Kebijakan dari Dirjen Pertanian yang sudah siap panen dan rebah boleh dipanen lebih dulu. Kalau terus diundur justru menurun. Padahal kan target kita peningkatan hasil panen,” ucapnya.

Kabag Humas Setda Pemkab Sukoharjo Joko Nurhadiyanto EN mengaku belum mengetahui informasi terkini terkait rencana kedatangan Presiden Jokowi. Kedatangan Jokowi masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut.

Sumarno
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3779 seconds (0.1#10.140)