Sekuritas Lokal Diimbau Jangkau Seluruh Daerah

Jum'at, 30 Januari 2015 - 11:26 WIB
Sekuritas Lokal Diimbau Jangkau Seluruh Daerah
Sekuritas Lokal Diimbau Jangkau Seluruh Daerah
A A A
JAKARTA - Perusahaan sekuritas lokal diimbau memperluas jangkauannya ke daerahdaerah. Pasalnya, beberapa perusahaan sekuritas asing sudah berekspansi ke beberapa wilayah di luar kota besar Indonesia.

”Di beberapa wilayah Indonesia telah diisi oleh beberapa perusahaan sekuritas asal asing. Hal tersebut mempersempit perkembangan sekuritas lokal untuk berkontribusi bagi investor pasar modal,” ujar Ketua Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) Susy Meilina di sela Infobank Securities Award 2014, di Jakarta, kemarin.

Susy berpendapat, perusahaan sekuritas lokal sudah harus mulai didorong agar bisa lebih bersaing dengan meningkatkan infrastruktur maupun layanan yang diberikan. ”Perusahaan sekuritas harus berpikir untuk meningkatkan infrastruktur dengan menambahkan modal agar dapat berkontribusi terutama dari sisi teknologi,” katanya.

Dia berharap, seluruh pelaku pasar modal untuk mendorong jumlah investor untuk dapat berinvestasi di Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. APEI pun telah berupaya menyiapkan infrastruktur untuk menghadapi MEA tahun depan.

”Selain itu, kebijakan baru yang nantinya dikeluarkan SRO (self regultaory organization ) untuk menghadapi MEA, APEI akan mengikuti. APEI tidak melihat ada kendala yang ditakuti, tapi berupaya memenangkan dan menjadi tuan rumah di pasar modal sendiri,” katanya. Susy menyatakan, penambahan jumlah investor ritel dapat mempertahankan pasar domestik di Indonesia.

Investor ritel di Indonesia diharapkan bisa meningkat tiga kali lipat dari jumlah investor yang ada saat ini atau menjadi 1 juta investor. Berdasarkan versi Infobank, terdapat 20 perusahaan yang masuk daftar perusahaan sekuritas terbaik, terdiri dari 13 perusahaan sekuritas asing, empat Badan Usaha MilikNegara (BUMN), danhanya tiga perusahaan sekuritas lokal.

Pada kesempatan sama Direktur Perdagangan dan Pengaturan Bursa Efek Samsul Hidayat menjelaskan bahwa data profil perdagangan harian di seluruh Indonesia masih didominasi DKI Jakarta. ”DKI value -nya hampir mencakup keseluruhan. Transaksi domestik atau lokal tidak termasuk asing sebesar Rp4,15 triliun per hari, ” ungkapnya.

Arsy ani s/Sindonews
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4561 seconds (0.1#10.140)