10 Kawasan Hunian Incaran di Jabodetabek

Kamis, 29 Januari 2015 - 13:25 WIB
10 Kawasan Hunian Incaran di Jabodetabek
10 Kawasan Hunian Incaran di Jabodetabek
A A A
Sedang mencari rumah di kawasan Jabodetabek? Berikut 10 lokasi yang difavoritkan warga Jakarta sebagai tempat tinggal.

1. Pondok Indah

Pondok Indah selama ini identik sebagai hunian kalangan menengah atas. Rumah-rumah megah nan mewah berdiri di sepanjang kawasan ini. Letaknya yang strategis menjadi salah satu magnet bagi masyarakat untuk menjadikan wilayah ini sebagai wilayah hunian favorit. Terlebih akses transportasi yang disediakan juga lengkap, Jalur Bus Trans Jakarta Terintegrasi (APTB) yang tersedia disana sangat memudahkan mobilitas penduduknya.

2. Kelapa Gading

Saat ini Kelapa Gading merupakan kawasan yang tertata dan berkembang pesat. Banyak developer yang turut ambil bagian dalam pembangunan dan penataan kawasan ini. Dikenal sebagai salah satu daerah pusat bisnis di Jakarta Utara, Kelapa Gading menjadi lokasi yang super lengkap. Kegiatan komersial didukung oleh berbagai fasilitas yang menunjang, seperti mall (Kelapa Gading Trade Center, Mall Kelapa Gading, Kelapa Gading Sports Mall, Mall Artha Gading dan Mall of Indonesia (MOI)) serta sentra kuliner.

3. Menteng

Hunian ini identik dengan tempat tinggal kalangan pejabat tinggi negara. Menteng merupakan perumahan villa pertama di Kota Jakarta yang dikembangkan antara tahun 1910 dan 1918. Di daerah ini banyak dijumpai taman-taman terbuka seperti Taman Suropati serta taman menteng. Lingkungan yang asri serta strategis menjadi daya tarik kawasan ini. Banyak pula tokoh-tokoh penting yang tinggal di wilayah ini seperti tokoh proklamator Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta. Presiden AS Barack Obama pun pernah tinggal di Menteng saat masa kanak-kanak.

4. Pantai Indah Kapuk

Pantai Indah Kapuk atau PIK adalah salah satu kawasan bergengsi yang terletak di Jakarta Utara. Ada banyak komplek hunian tersebar di daerah ini. Kebanyakan menawarkan konsep terintegrasi dari perumahan, ruko, rukan, apartemen, tempat belanja, perkantoran dan hotel. Beberapa perumahan juga menerapkan sebuah sistem manajemen air sehingga menjamin perumahan bebas dari banjir. Daya tarik PIK juga terlihat dari fasilitas yang ditawarkan.

5. Kemang

Kemang adalah kawasan yang asri dan sejuk dan banyak ditinggali oleh para ekspatriat. Nama jalan Kemang sendiri berasal dari nama buah Kemang yang banyak tumbuh di kawasan itu. Kawasan ini tak pernah sepi. Dikenal juga sebagai tempat nongkrongnya anak muda. Berbagai tempat wisata kuliner tersebar disini. Letaknya yang strategis juga menjadikan Kemang menjadi lokasi yang diimpikan untuk menjadi tempat tinggal.

6. Bintaro

Bintaro juga menjadi salah satu wilayah yang difavoritkan. Kawasan ini berkembang pesat setelah tuntasnya proyek Jalan Tol Jakarta- Bintaro. Banyak fasilitas baru yang dibangun di daerah ini sehingga melengkapi semua kebutuhan para penghuninya. Tak heran jika harga hunian di kawasan Bintaro juga cukup tinggi. Terlebih saat ini lahan yang tersedia juga terbatas sementara di sisi lain permintaan terus meningkat.

7. Serpong

BSD City adalah salah satu perintis hunian yang terdapat di Serpong. Saat ini perkembangan hunian di daerah ini sangat pesat seiring dengan dioperasikannya jalan tol Antasari-BSD. Kawasan ini memang bisa dibilang sebagai kawasan yang mumpuni. Mulai dari fasilitas pendidikan, bisnis, perkantoran, perbelanjaan, serta perumahan, semua tercakup jadi satu. Untuk fasilitas pendidikan misalnya, di sini terdapat beberapa universitas diantaranya Prasetiya Mulya serta Institut Teknologi Indonesia. Untuk perbelanjaan, ada Sumarecon Mal Serpong.

8. Sentul

Kawasan yang terletak di kabupaten Bogor sangat nyaman. Walhasil, kawasan ini dibangun tidak sekedar sebagai kawasan hunian tetapi juga sebagai tempat pariwisata. Salah satu tempat wisata yang terdapat di Sentul dan banyak dikunjungi adalah pasar Ah Poong. Pasar Ah Poong sendiri adalah pusat kuliner yang penjualan makanannya unik, yakni di perahu yang mengapung di atas sungai Cikeas. Fasilitas lain yang terdapat di daerah ini adalah Sentul City Convention Center yang merupakan gedung pertemuan multifungsi yang memiliki kapasitas 12.000 orang serta tempat wisata Jungle Land.

9. Cinere

Kawasan ini terkenal sebagai lokasi hunian yang asri dan hijau. Letaknya tidak jauh dari Kebun Binatang Ragunan dan Masjid Kubah Emas. Soal fasilitas Cinere juga tak kalah dari kawasan lainnya. Tempat ibadah, rumah sakit, mall sudah terdapat di daerah ini. Kawasan ini semakin berkembang seiring dengan dibangunnya Jalan Tol Serpong-Cinere dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi yang merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2.

10. Kebayoran Baru

Kebayoran Baru adalah daerah perumahan yang menawarkan Konsep taman kota. Konsep ini pada akhirnya banyak diadaptasi oleh para pengembang properti modern. Semua fasilitas penunjang terdapat di daerah ini, seperti sarana pendidikan; SD, SMP, SMA, hingga Universitas terkemuka seperti Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) serta Universitas Al-Azhar. Terdapat pula pusat perbelanjaan megah, seperti Plaza Blok M dan Blok M Mall.

Hunian Idaman di Jabodetabek

Pondok Indah: 30%
Kelapa Gading: 15%
Menteng: 14%
Pantai Indah Kapuk: 10%
Kemang: 8%
Bintaro: 7%
Serpong: 6%
Sentul: 4%
Cinere: 3%
Kebayoran Baru: 2%

Kota dengan Harga Tanah Termahal

Situs perumahan online Lamudi pada Juni 2014 melakukan survei terhadap properti mewah di beberapa kota di Indonesia. Berikut daftarnya

MEDAN
Harga tanah di Medan mencapai Rp7,9 juta m2
SEMARANG
Harga tanah di kota ini sudah mencapai Rp14,8 juta m2
SURABAYA
Tak beda jauh dengan Jakarta, harga tanah di Surabaya sudah mencapai Rp21 juta m2
TANGERANG
Wilayah sub urban Ibu Kota ini harga tanahsudah mencapai Rp15,9 juta m2
MANADO
Harga tanah di kota ini mencapai Rp16 juta m2
SAMARINDA
Harga tanahnya tembus ke angka Rp10,3 juta m2
BALIKPAPAN
Harga tanah di kota ini mencapai Rp11 juta m2
KENDARI
Harga tanah salah satu kota di Sulawesi ini mencapai Rp9,3 juta m2
BOGOR
Harga tanah di kota hujan ini mencapai Rp11 juta m2
BEKASI
Harga tanah di kota ini sudah mencapai Rp14,2 juta m2
DEPOK
Tak beda jauh dengan Tangerang, harga tanah di kota ini mencapai Rp15,2 juta m2
JAKARTA
Harga tanah di Ibu kota tercatat sudah menembus angka Rp24,6 juta m2

(m2 : Per meter per segi)

Info Grafis:Koran Sindo/Bobby Firmansyah;Foto-Foto:Istimewa
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5337 seconds (0.1#10.140)