Penemuan Ilmiah Paling Spektakuler

Rabu, 28 Januari 2015 - 12:41 WIB
Penemuan Ilmiah Paling Spektakuler
Penemuan Ilmiah Paling Spektakuler
A A A
Journal Science merilis sepuluh penemuan ilmiah hebat tahun 2014, satu di antaranya adalah penemuan lukisan tangan di gua Maros, Sulawesi Selatan. Berikut ini daftar sepuluh penemuan tersebut, seperti dilansir Daily Mail.

1. Darah Muda untuk Serum Awet Muda
Para ilmuwan mencoba menemukan cara untuk meremajakan otot dan otak orang-orang tua, dengan memberi mereka asupan darah orang muda. Penelitian yang dipublikasikan tahun ini oleh para peneliti di Harvard University menunjukkan protein yang dikandung darah muda, dikenal sebagai GDF11, bisa memicu kekuatan otot dan daya tahan. Saat ini, tes dilakukan terhadap orang-orang berusia 18 tahun dan pasien Alzheimer berumur tua, yang menerima suntikan plasma dari orang muda.
2. Chip Komputer Serupa Otak Manusia
Ahli komputer dari IBM dan sejumlah perusahaan lainnya mengembangkan chip neuromorfik berskala besar pertama. Chip ini dirancang untuk mengolah informasi layaknya otak. Otak manusia bekerja melalui neuron individu yang berkomunikasi dengan ribuan neuron di sekitarnya menggunakan sinyal kimia. Pada umumnya otak memiliki jaringan yang terdiri dari 100 miliar neuron, terhubung oleh 100 triliun sinapsis. Dengan meniru arsitektur otak manusia, chip TrueNorth IDM menggunakan 5,4 miliar transistor serta 256 juta sinapsis.
3. Komet Rosetta
Roket Rosetta, yang membawa Philae, diluncurkan ke luar angkasa pada tahun 2004 dengan memanfaatkan gravitasi Bumi dan Mars, untuk membawasnya mendekati Komet 67P. Setelah mengejar Komet 67P / Churyumov-Gerasimenko selama lebih dari sepuluh tahun dan memasuki orbit pada Agustus 2014. Roket yang sudah menempuh empat miliar mil (6,5 miliar kilometer) ini akhirnya meluncurkan Philae ke daratan komet pada 12 November 2014, dan berjalan 1 meter (40 inchi) per detik.
4. Robot Kompak
Robot-robot mungil ini dikembangkan para ilmuwan di Harvard University Amerika Serikat untuk membangun struktur sederhana tanpa pengawasan. Ada suatu kelompok di Amerika yang membuat ribuan mesin yang bisa mencetak bentuk persegi, persegi panjang dan bentuk-bentuk dua dimensi lainnya
5. Evolusi Sinosaurus Menjadi Burung
Tim ilmuwan internasional menganalisa ribuan fosil dinosaurus dan burung di masa awal dunia, dan membandingkan tulang makhluk-makhluk tersebut dengan burung modern. Temuan mereka antara lain, bulu, berevolusi dengan baik sebelum burung pertama ditemukan. Bulu itu bukan untuk terbang, melainkan menjaga dinosaurus unggas tersebut hangat.
6. Pengembangan Alfabeta Genetic
Semua kehidupan yang terjadi di bumi memiliki struktur dasar yang sama dalam kode genetik - untaian panjang DNA yang menggunakan empat molekul dasar pembentuk alfabeta genetik. Para peneliti di The Scripps Research Institute di California tahun ini menciptakan organisme pertama yang memiliki dua huruf genetik tambahan. Mereka menemukan DNA bisa menyalin dirinya.
7. Satelit Murah
Meski sudah diluncurkan ke luar angkasa lebih dari satu dekade, satelitsatelit murah berukuran 4 inchi (10 sentimeter) persegi bernama CubeSats akhirnya benar-benar dilepas tahun 2014. Sebagai alat pendidikan bagi para mahasiswa, miniatur satelit tersebut sudah menjalankan sejumlah kegiatan ilmiah. Sepanjang tahun ini, lebih dari 75 unit satelit diluncurkan, melakukan penelitian luar angkasa seperti mempelajari reaksi tumbuhan terhadap gravitasi.
8. Sel Penyembuh Diabetes
Dua kelompok menemukan dua metode berbeda untuk mengembangkan sel yang mirip sel beta yakni sel yang memproduksi insulin dalam pankreas - di laboratorium. Para peneliti memiliki kesempatan untuk mempelajari diabetes. Sel batang embrionik manusia dipakai untuk menangkal penyakit, yang sebelumnya sudah dipelajari para ilmuwan untuk membuat insulin. Sel beta membantu mengatur tingkat glukosa dalam aliran darah.
9. Manipulasi Ingatan dengan Cahaya
Para peneliti membuktikan mampu memanipulasi bahkan menghilangkan ingatan - setidaknya pada tikus. Dengan menggunakan teknis yang disebut optogentik, melalui virus untuk membawa molekul sensitif ringan menuju neuron tikus, mereka mampu mengubah aktivitas otak binatang. Para peneliti di MIT bisa membuang ingatan yang ada dan menanamkan yang palsu. Mereka pun mampu menukar ingatan buruk menjadi baik.
10. Lukisan tangan di gua Maros di Sulawesi Selatan
Lukisan tangan yang menggambarkan hewan ditemukan pada sebuah gua di Maros, Sulawesi, Indonesia. Usianya diperkirakan 35 ribu - 40 ribu tahun dimana umurnya semuanya diprediksi 10 ribu tahun. Goresan tersebut diciptakan dengan mencipratkan dan meniup cat berwarna merah di tangan, kemudian ditempelkan ke dinding gua. Penemuan ini menggambarkan jenis lukisan tersebut sudah dikenal di seluruh dunia, bahkan hingga Afrika, sejak 60 ribu tahun silam.

Lukisan Gua Sulawesi, Menulis Kembali Sejarah

Stensil Tangan

- Menurut hasil penelitian ahli dari Indonesia dan Australia seperti dimuat Majalah Nature, lukisan tangan gua di Maros, Sulawesi Selatan diperkirakan berumur 40.000 tahun
- Lukisan gua ini lebih tua dari lukisan dinding gua El Castillo di utara Spanyol, yang selama ini dianggap paling tua yakni berusia 37.300 tahun - Ada tujuh gua dengan 12 lukisan gua yang diteliti. Semua lukisan berupa stensil tangan yang digambar dengan warna merah dan gambar binatang babi rusa
- Lukisan stensil tangan diperkirakan berumur sedikitnya 40.000 tahun, sedangkan lukisan babi rusa berumur lebih dari 35.000 tahun

Lukisan Babi Rusa

- Lukisan-lukisan ini sebenarnya sudah ditemukan tahun 1950-an oleh arkeolog asal Belanda, Heeren-Palm
- Tim ahli dari University of Wollongong, Australia,menyebutkan, lukisan gua di Sulawesi merupakan salah satu lukisan binatang tertua di dunia yang pernah ditemukan
- Lukisan gua di Maros Sulawesi ini bisa mengubah pandangan tentang sejarah penyebaran dan peradaban manusia
- Hasil penelitian terbaru ini juga kembali menegaskan pentingnya peran benua Asia dalam proses evolusi manusia

Penemuan ilmiah oleh ilmuwan-ilmuwan hebat di belahan dunia mampu mengubah kehidupan di dunia hingga saat ini. Penemuan-penemuan itu yakni:

1. Kompas
Sebelum diperkenalkannya alat kompas itu, penentuan arah, posisi maupun tujuan di laut mengandalkan pengamatan posisi bintang maupun bentuk langit. Namun, setelah ditemukannya kompas, di Tiongkok pada abad ke-9 dan 11, mampu mengubah cara orang untuk mencari posisi tertentu. Pada awalnya, kompas dibuat dari batu magnet. Catatan mengenai penggunaan kompas ini ditemukan pada referensi sastra terawal Tiongkok pada tulisan Wang Xu pada abad ke-4 sebelum Masehi.
2. Mesin Pembakaran Internal
Temuan ini muncul pada paruh kedua abad 19 yang menghiasi perkembangan di masa industri. Pada mesin ini, pembakaran bahan bakar melepaskan gas bersuhu tinggi, dan pada akhirnya memperluas serta memberikan gaya pada piston. Dengan temuan ini, merevolusi mesin mobil dan pesawat modern.
3. Komputer
Barangkali, dunia saat ini tak terbayangkan bila tanpa adanya mesin komputer. Mesin komputer pertama kali dikembangkan oleh Charles Babbage, seorang insinyur mekanik dan matematika. Awalnya, ia mengembangkan konsep komputer yang mampu diprogramkan, hingga akhirnya ia menemukan mesin komputer pertama pada awal abad 19.
4. Penisilin
Penisilin merupakan kelompok antibiotik yang dihasilkan dari jamur Penicillium. Penemu penisilin adalah ilmuwan Skotlandia pemenang nobel, Alexander Fleming pada 1928. Fleming menggambarkan, jika Penicillium rubens ditumbuhkan dalam substrat yang tepat, akan memancarkan zat dengan sifat antibiotik.
5. Roda
Benda ini telah menjadi bagian penting pada kendaraan, mulai dari sepeda, motor sampai mobil. Roda ditemukan sejak 3500 sebelum masehi. Dengan benda ini fasilitas pertanian sampai perdagangan bisa mengirimkan barangbarang. Bagaimanapun keberadaan benda itu telah mengubah kehidupan manusia dan digunakan pada hampir semua kendaraan.
6. World Wide Web (www)
Ditemukan oleh Tim Berners- Lee, Pada 12 Maret 1989, saat itu ia menuliskan proposal yang pada akhirnya akan menjadi World Wide Web (www), cikal bakal internet. Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Institut Teknologi Massachusetts, Amerika Serikat. Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web yakni Berners-Lee tak mematenkan temuannya, sehingga masih bisa digunakan secara bebas.
7. Bola Lampu
Thomas Edison merupakan penemu utama di balik temuan bola lampu, karena ia menciptakan sistem pencahayaan yang benar-benar fungsional. Edison juga berkontribusi dalam menemukan generator, kabel serta bola karbon filamen. Sementara itu, menurut para sejarawan, temuan bola lampu ini melibatkan dua lusin orang sepanjang 1800-an.
8. Telepon
Teknologi ini telah dirasakan manfaatnya bagi warga dunia. Dengan temuan ini, semua orang dapat terhubung, meski berbeda ruang dan waktu. Ditemukan pertama kali Alexander Graham Bell pada 1876. Saat itu, telepon listrik mampu mentransmisikan pesan secara langsung. Penemuan ini pun dengan cepat merevolusi bisnis global dan komunikasi.
9. Kertas
Benda ini ditemukan pada masa Tiongkok kuno selama Dinasti Han (206-220 sebelum Masehi) dan kemudian menyebar perlahanlahan ke Barat melalui jalur perdagangan Jalur Sutra. Sebelum munculnya kertas, masyarakat kuno menggunakan papirus, perkamen, dan daun kelapa. Namun, bahan ini dianggap mahal dan ketersediaan pasokannya sedikit.
10. Alat Kontrasepsi
Alat yang difungsikan untuk menekan angka kelahiran dan penyebaran virus HIV ini nyatanya sudah dipraktikkan sejak zaman kuno. Konsep kontrasepsi sudah ditemukan pada deskripsi Ebers Papyrus Mesir pada 1550 sebelum Masehi serta Kahun Papyrus pada 1850 sebelum Masehi. Selanjutnya, pada awal abad ke- 19 dan 20, saat gerakan pengendalian kelahiran menggema, Gregory Pincus dan John Rock dengan bantuan Planned Parenthood Federation of America, mengembangkan pil KB pertama pada 1950-an. Alat pengendalian kelahiran ini kemudian tersedia secara umum pada 1960.

Info Grafis:Koran Sindo/Bobby Firmansyah, Foto-Foto:Istimewa
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7974 seconds (0.1#10.140)