Sukses Berinvestasi Properti

Rabu, 28 Januari 2015 - 12:27 WIB
Sukses Berinvestasi Properti
Sukses Berinvestasi Properti
A A A
Kesuksesan berinvestasi di properti akan lebih mudah Anda capai jika Anda tahu bahwa investasi properti telah berakhir sebagai “permainan”.

Investasi properti merupakan pekerjaan yang aktif, serius, ilmiah, dan ruwet. Investasi properti merupakan bisnis yang dapat memberikan imbalan besar, bagi mereka yang mau dan bersedia mendedikasikan diri mereka sepenuhnya untuk mengelola investasi properti tersebut.

Belakangan ini, investasi properti telah menarik sekelompok orang yang memiliki pendidikan, pengalaman, dan ketaatan akan standar etis yang tinggi dalam berbisnis. Oleh karena itu, memiliki pengetahuan dasar tentang properti saja tidaklah cukup. Seorang investor properti profesional harus memiliki beberapa persyaratan, seperti mampu mengambil risiko investasi tapi tetap penuh perhitungan.

Saat terjadi penurunan pasar, mereka tetap berada di jalurnya. Mampu menjalankan rencana investasi properti dengan ekspektasi kekayaan jangka panjang yang realistis dan tetap berdasarkan prediksi pasar. Pantang menyerah untuk berusaha mencari peluang- peluang investasi terbaik dalam setiap gelombang pasar properti. Semua faktor ini dapat dijabarkan dalam satu kata, yaitu komitmen.

Jadi, Anda harus membuat komitmen pribadi, saat memulai investasi properti. Jangan menerima prestasi tingkat pengembalian investasi yang sedang-sedang saja, tetapi selalu harus berusaha untuk mencari peluang investasi properti dengan tingkat pengembalian yang tertinggi pada setiap kesempatan.

Dengan demikian, konsistensi dan komitmen Anda dalam berinvestasi di properti, cepat atau lambat akan mengubah mindset Anda untuk meningkatkan kemampuan Anda mencapai kebebasan finansial melalui investasi properti. Sebelum melakukan investasi, seorang investor harus mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi properti yang dimilikinya.

Adapun yang lebih penting, perlu mempertimbangkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menambah nilai properti tersebut. Pertama, nilai tambah. Pengembangan bangunan di atas sebidang tanah kosong akan memberikan nilai tambah bagi investasi properti.

Nilai tambah akan semakin tinggi jika Anda membuat bangunan tersebut dengan menggunakan gaya arsitektur atau desain tertentu yang memperindah tata ruang bangunan itu. Kreativitas seperti ini akan menghasilkan nilai jual lebih besar dibandingkan dengan jumlah uang yang dikeluarkan untuk membeli tanah dan membangun bangunan tersebut. Ini merupakan teori dasar investasi properti, yakni mengembangkan tanah untuk menghasilkan nilai tambah.

Nilai tambah akibat pengembangan sebuah lokasi tanah menjadi bangunan rumah pada umumnya akan memberikan keuntungan lebih pada investor yang menanamkan uang untuk mengembangkan tanah tersebut. Kedua, peningkatan pendapatan tahunan.

Dari sebidang tanah yang kosong kemudian dikembangkan menjadi rumah atau ruko mengakibatkan seorang investor dapat menerima sewa bulanan atau tahunan, bergantung fungsi properti yang dibangun. Misalnya, pemilik rumah seharga Rp1 miliar, dapat menyewakan rumah tersebut tidak kurang dari Rp50 juta per bulan. Dalam ilmu properti, hal ini disebut sebagai yield (hasil sewa).

Keuntungan lain yang bisa didapat pemilik adalah kenaikan harga sewa. Karena sifat kelangkaan tanah terhadap waktu akan terus terjadi sepanjang perekonomian di sebuah negara terus tumbuh. Itulah sebabnya, pemilik properti yang menyewakan propertinya kepada pihak lain dapat mengharapkan kenaikan nilai sewa setiap tahun, paling tidak sebesar inflasi.

Ketiga, peningkatan nilai tanah. Keuntungan lain dari investasi properti adalah apresiasi nilai tanah. Sebagaimana kita sadari, jumlah manusia setiap saat terus bertambah, sementara jumlah tanah tidak dapat bertambah. Ini merupakan teori klasik yang secara sederhana menjelaskan mengapa harga tanah terus merangkak naik dari waktu ke waktu.

Berdasarkan pengamatan saya, secara nominal harga tanah di Indonesia tidak pernah turun. Karena sifatnya yang terbatas, maka semakin hari persediaan tanah akan relatif semakin langka terhadap jumlah penduduk atau orang yang membutuhkan tanah tersebut.

Hal ini disebabkan faktor kelahiran (natalitas) dan meningkatnya kegiatan ekonomi sebuah masyarakat, yang menyebabkan manusia tidak puas hanya memiliki satu rumah. Meningkatnya taraf ekonomi juga membuat pengembangan kegiatan manusia semakin laju, seperti dibangunnya perkantoran, pusat perbelanjaan, restoran, bioskop, dan lain sebagainya.

Ada empat kata kunci untuk meraih kekayaan yang optimal melalui investasi properti. Pertama, membeli, menahan, menukar, dan menjual properti pada waktu yang tepat. Kemampuan memprediksi pasar merupakan alat bantu yang paling penting dalam memilih waktu yang ideal untuk berinvestasi pada properti. Namun, prediksi belum terlalu populer di Indonesia.

Karena hanya investor yang sudah berpengalaman dan pakar properti yang dapat memprediksi dan mengukur tren pasar untuk masa 5 hingga 10 tahun mendatang. Sampai saat ini, publik Indonesia tidak memiliki alat bantu apa pun untuk meramalkan siklus pasar. Untuk merencanakan pembelian dan penjualan properti, Anda harus mengetahui pola historis gelombang siklus properti di Indonesia.

Juga, memprediksi pola gelombang siklus pasar berikutnya. Langkah pertama untuk memprediksi pola siklus pasar properti adalah memahami dinamika gelombang musim pasar properti. Memahami faktorfaktor yang menentukan gerakan siklus pasar properti itu.

Kedua, memilih lokasi investasi properti yang paling prospektif. Mantra utama yang menentukan sukses tidaknya sebuah investasi properti adalah “lokasi, lokasi, dan lokasi”. Hal ini dipercaya oleh semua pemain properti. Karena sebuah produk properti tidak bisa bergerak sehingga yang menentukan prospek, nilai, dan masa depan properti tersebut adalah lokasi di mana properti tersebut dibangun.

Sebelum Anda memutuskan berinvestasi di lokasi tertentu. Anda perlu mempelajari kondisi pasar lokal properti itu. Anda harus membentuk opini Anda sendiri tentang prospek pasar lokalnya. Terdapat banyak faktor yang memengaruhi harga rumah pada masa kini dan lima tahun mendatang seperti kondisi perekonomian lokal, migrasi populasi, dan aktivitas pasar properti.

Jika lokasi properti yang bersangkutan prospektif -memiliki infrastruktur yang baik, dekat dengan berbagai fasilitas umum, dan lain-lain maka tidak diragukan lagi potensi kenaikan harga properti tersebut.

Ketiga, memilih jenis properti tertentu dengan hasil investasi yang optimal. Hindari properti yang tidak dapat atau sulit disewakan. Arus uang pendapatan sewa properti Anda harus positif setelah satu sampai dengan dua tahun sejak Anda beli. Sebelum memutuskan untuk membeli properti, amatilah peluang menyewakan properti yang sejenis dengan properti Anda di kawasan itu.

DR IR Panangian Simanungkalit MSC
Pendiri Panangian School of Property
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4146 seconds (0.1#10.140)