Spesialisasi Simeone

Rabu, 28 Januari 2015 - 11:25 WIB
Spesialisasi Simeone
Spesialisasi Simeone
A A A
MADRID - Waktunya Diego Simeone membuktikan dirinya merupakan spesialis partai babak gugur. Pelatih Atletico Madrid itu memiliki persentase kemenangan 64% pada pertandingan bertipe tersebut.

Los Colchoneros wajib mengalahkan Barcelona dengan selisih dua gol pada leg kedua perempat final Copa del Rey di Vicente Calderon, dini hari nanti. Tuan rumah mendapat misi tersebut menyusul kekalahan 0-1 pada pertemuan pembuka di Camp Nou, Rabu (21/1). Di sini peran Simeone menentukan.

Sosok asal Argentina ini sudah menunjukkan kepiawaiannya mengatur strategi demi memenangkan laga babak gugur. Dia berjaya di 29 dari 45 duel dan cuma menderita lima hasil negatif. Torehan impresif ini membawanya memenangkan Liga Europa 2011/2012, Piala Super Eropa 2012, Copa del Rey 2013/2014, Supercopa de Espana 2014, serta masuk final Liga Champions 2013/2014.

Keistimewaan Simeone tersebut terlihat pada musim ini. Atletico mengalahkan Real Madrid pada pertarungan di Supercopa de Espana dan Copa del Rey. Mereka baru tumbang saat bersua Barcelona, pekan lalu. ”Kami akan mencoba mempertahankan rekor. Kami mengerahkan segala kemampuan terbaik. Saya yakin suporter pasti membantu,” tandas striker Atletico Antoine Griezmann, dilansir Marca.

”Kami bakal berusaha menciptakan peluang sebanyak mungkin dan mengonversinya menjadi gol. Kami percaya dapat membalikkan keadaan. Jika tidak, kami tidak perlu bermain.” Tidak mudah bagi Atletico mewujudkan misi. Mereka terakhir kali mengalahkan Barcelona dengan skor yang dibutuhkan di Vicente Calderon dicatat pada Maret 2008. Kala itu Los Colchoneros menaklukkan El Azulgrana4-2 dalam persaingan Primera Liga.

Setelah itu Atletico mampu berjaya tiga kali pada delapan perjamuan berikutnya, tapi melalui skor tipis 4-3, 2-1, dan 1-0. Pada periode sama mereka juga menderita empat kekalahan dan sekali imbang. ”Dituntut menciptakan gol menambah tekanan kami. Apalagi, kami mesti mencetak dua dan menghadapi tim sekelas Barcelona. Sungguh sulit. Semua bilang kesempatan kami kecil. Tapi, kami siap bertarung dan berjuang lolos ke putaran berikutnya,” kata gelandang Atletico Tiago Mendes.

Rintangan Atletico bertambah besar mengingat tangguhnya pertahanan Barcelona. Gerard Pique dkk cuma kebobolan dua kali pada tujuh pertandingan di awal 2015. Klub Katalan tersebut juga menjadi tim dengan rekor pertahanan terbaik pada Primera Liga musim ini karena baru kemasukan sembilan gol, unggul jauh atas pesaing terdekat Real Madrid (16). Di sisi lain,El Azulgrana punya penyerang sekaliber Lionel Messi dan Neymar.

Harley ikhsan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7826 seconds (0.1#10.140)