100% Fiber, Internet Paling Cepat

Selasa, 27 Januari 2015 - 14:29 WIB
100% Fiber, Internet Paling Cepat
100% Fiber, Internet Paling Cepat
A A A
MNC Play Media berupaya menjawab kebutuhanakan layanan internet broadband ini melalui teknologi Fiber To The Home (FTTH) yang juga digunakan oleh perusahaan seperti Google Fiber di Amerika.

Hasilnya, kecepatan yang dimiliki MNC Play Media termasuk tertinggi dibandingkan penyedia fixed broadband lainnya. Hal ini terbukti menurut data yang dihimpun oleh NetIndex dan dirilis oleh OOKLA (lembaga independen untuk mengukur kecepatan internet global) bahwa MNC Play Media merupakan penyedia layanan internet tercepat di Indonesia dengan ratarata kecepatan 50,77 Mbps atau lebih dari dua kali lipat kecepatan dari peringkat kedua dengan 21,89 Mbps.

Walaupun tergolong Internet Service Provider (ISP) baru, MNC Play Media adalah yang pertama di Indonesia menawarkan produk internet dengan kecepatan hingga 200 Mbps dan memiliki network capacity ready 10 Gbps. Bandingkan dengan kecepatan rata-rata internet di Indonesia per 19 Januari 2014 (data OOKLA) yang sebesar 5,3 Mbps untuk mengunduh dan 3,2 Mbps untuk mengunggah.

”Adopsi Jaringan MNC Play Media menggunakan 100% fiber optic termutakhir di dalam teknologi pita lebar,” tegas Ade Tjendra, Direktur Komersial Play Media. Menurut Ade, ini berbeda dengan pemain lain di industri yang masih mengandalkan teknologi Hybrid Fiber Coaxial (HFC).

Teknologi tersebut relatif tertinggal karena menggunakan kabel tembaga (copper wire) yang merupakan teknologi 1980an-1990an. Keunggulan lainnya yang diberikan MNC Play Media kepada pengguna, lanjut Ade, adalah kecepatan simetris 1:1 dalam mengunduh dan mengunggah.

Kecepatan upload ini penting karena banyak aktivitas seperti berbagi foto di media sosial, menyimpan video di youtube hingga menyimpan data di cloud storage yang butuh kecepatan unggah tinggi. Head of Youtube Asia Pasifik David Powell, misalnya, menilai bahwa pengguna layanan Youtube di Indonesia yang semakin besar membuat jumlah konten lokal yang diproduksi meningkat.

Tentu saja untuk mengunggah konten tersebut ke YouTube butuh bandwith yang tidak sedikit. Inilah bukti nyata bagaimana kebutuhan untuk upload sangat penting. Melalui teknologi FTTH, Ade mengatakan, Play Media memberikan Light Speed Internet melalui koneksi Fiber To The Home yang memungkinkan kecepatan unduh hingga 200 Mbps dan didukung jaringan berkapasitas 2.5 Gbps.

Selain itu, ada juga layanan Interactive TV Cable dengan lebih dari 130 saluran TV Kabel berkualitas High Definition (HD), serta fitur seperti TV On Demand (menyaksikan tayangan hingga 7 hari kebelakang), Timeshift (mempause tayangan), hingga Network Personal Video Recording (merekam acara tanpa alat tambahan).

Kemudian, ada juga layanan yang memungkinkan berbagai aktifitas dilakukan secara interaktif melalui TV di rumah pelanggan, seperti Interactive Transaction dalam shopping dengan MNC Shop, Interactive Transaction dalam stock exchange trading dengan MNC Securities, Home Automation, Home Security, hingga Interactive Game Online.

”Yang tidak ketinggalan adalah Crystal Clear Telephony. Yakni telepon rumah dengan kualitas suara jernih serta fasilitas Video Call untuk area perumahan baru,” katanya.

Danang Arradian
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4633 seconds (0.1#10.140)