Eldin Ikut Cabut Rumput, Zulkifli Salah Tingkah

Selasa, 27 Januari 2015 - 11:31 WIB
Eldin Ikut Cabut Rumput, Zulkifli Salah Tingkah
Eldin Ikut Cabut Rumput, Zulkifli Salah Tingkah
A A A
MEDAN - Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, ikut mencabut rumput di taman pulau Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal, saat meninjau gapura selamat datang, kemarin.

Kepala Dinas Pertamanan, Zulkifli Sitepu, dan sejumlah pekerja taman tampak grogi dan salah tingkah dibuatnya. Setelah memberikan instruksi kepada Kepala Dinas Bina Marga, Khairul Syahnan; Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim), Gunawan S Lubis; Kepala Dinas Kebersihan, Endar Sutan Lubis; dan Kepala Dinas Perhubungan, Renward Parapat, Eldin langsung berjongkok di taman.

Dengan santai dia mencabuti rumputrumput yang tumbuh liar di taman pulau jalan itu. Melihat Eldin bergabung dengan sejumlah pekerja taman yang mencabuti rumput liar, mau tidak mau Zulkifli Sitepu ikutan berjongkok. Tangannya pun menyasar batang-batang rumput liar untuk dicabut.

Dalam peninjauannya ini, wali kota bermaksud menata dan mempercantik gapura selamat datang yang menjadi pintu masuk Kota Medan dari arah Deliserdang, Langkat, maupun Aceh. Mantan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Medan ini menilai keberadaan gapura sangat penting. Selain menjadi ikon, juga sebagai identitas diri Kota Medan sehingga harus terlihat menarik.

Untuk itulah wali kota menginstruksikan kepada Zulkifli Sitepu untuk menata, termasuk taman-taman yang ada di sekitar gapura tersebut. Selain gapura dan taman, jembatan Sungai Belawan yang berada dekat gapura tidak luput menjadi perhatian wali kota. Orang nomor satu di Kota Medan itu minta agar pagar besi jembatan, baik yang berada di sisi kiri maupun kanan jalan, harus bersih dari spanduk.

Sesudah itu seluruh lampu penerangan yang ada di jembatan dipasang kembali sehingga seputaran jembatan lebih terang. Ketika melakukan peninjauan, Eldin sempat mengingatkan seorang petugas Satuan Polisi Satpol Pamong Praja (PP) Kabupaten Deliserdang terkait keberadaan pedagang kaki lima (PKL) yang membuka lapak di sebelah jembatan.

Meski lapak yang dibangun masuk wilayah Deliserdang, kehadiran PKL sangat mengganggu pandangan mata. Untuk itulah wali kota minta agar para PKL tersebut ditata. Eldin pun meminta kepada Zulkifli Sitepu menata taman di atas pulau jalan yang ada di atas jembatan. Sebab, keberadaan taman itu dinilai menambah beban jembatan sehingga perlu dibenahi kembali.

Selain itu, potpot bunga yang ada di pinggir jembatan diminta dipindahkan agar tidak mengganggu pengguna jalan. “Selain gapura selamat datang di Kampung Lalang ini, kami juga akan menata tiga gapura selamat datang lainnya yang menjadi pintu masuk Kota Medan. Penataan ini dilakukan agar gapura terlihat cantik dan menarik. Sebab, gapura ini menjadi ikon sekaligus identitas Kota Medan. Dengan begitu ketika warga dari luar kota datang, mereka langsung disambut keindahan gapura yang kami miliki,” katanya.

Setelah seluruh gapura ditata, dia mengimbau seluruh masyarakat, terutama yang bermukim di sekitar gapura, bersama- sama menjaga dan memeliharanya. “Insya Allah dengan dukungan masyarakat, saya yakin keindahan dan kelestarian gapura akan selalu terjaga. Selain gapura, saya juga berharap kepada masyarakat selalu menjaga kebersihan taman yang ada di sekitar gapura dan tidak membuang sampah ke dalam sungai,” ucapnya.

Saat peninjauan berlangsung, Dinas Pertamanan Kota Medan menurunkan satu unit mobil tangga untuk memperbaiki lampu hias yang sudah mati. Di samping itu, menurunkan puluhan pekerjanya untuk membersihkan taman di seputaran gapura. Sedangkan Dinas Bina Marga menurunkan satu unit beckhoe untuk membantu penataan taman.

Eldin selanjutnya memberikan sejumlah instruksi kepada kepala Dinas Bina Marga, kepala Dinas Pertamanan, dan kepala Dinas Kebersihan untuk segera menata gapura. Dia berharap dengan sinergitas yang dilakukan, keberadaan gapura bisa indah dipandang mata.

Lia Anggia Nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5624 seconds (0.1#10.140)