Film Birdman Menatap Oscar

Selasa, 27 Januari 2015 - 10:10 WIB
Film Birdman Menatap Oscar
Film Birdman Menatap Oscar
A A A
Film Boyhood dan Birdman terus bersaing menjadi film terbaik tahun ini. Pada Golden Globe Awards 2015, Boyhood menjadi juaranya. Kini giliran Birdman yang membawa pulang piala dari Screen Actors Guild (SAG) Awards yang berlangsung di Los Angeles’ Shrine Auditorium, Minggu (25/1), waktu setempat.

Untuk sementara, jika dihitung secara matematika, kedua film ini memperoleh nilai sama. Boyhood dan Birdman berhasil meraih penghargaan bergengsi di dunia. Namun untuk mendapatkan penghargaan Oscar, tidak mudah. Lantaran dua film itu bersaing ketat dengan American Sniper, Grand Budapest Hotel, The Imitation Game, Selma, Theory of Everything, dan Whiplash.

Kondisi itu membuat banyak orang dan pengamat film semakin sulit memprediksi film yang berhasil menggenggam piala Oscar. Film Birdman mampu menyingkirkan pesaing terberatnya di ajang SAG Awards 2015, Boyhood dan film lainnya, yakni The Grand Budapest Hotel, The Imitation Game, dan The Theory of Everything.

Richard Linklater yang membuat film Boyhood memang menjadi fenomenal setelah sukses membuat drama terkenal yang belum pernah terjadi sebelumnya. Film ini digarap dalam waktu 12 tahun dengan pemeran yang sama. Tak heran jika Boyhood difavoritkan pada musim penghargaan tahunan ini, tetapi film Birdmanjuga tidak kalah. Pemainnya banyak menjadi pemenang Oscar klasik. Keberhasilan Birdman memang di luar dugaan.

Sang sutradara, Inarritu berhasil menggabungkan tema superhero dengan drama psikologis dan juga komedi satire. Dalam filmnya, Inarritu menggaet aktor gaek Michael Keaton sebagai bintang utama. Dia dikisahkan sebagai seorang aktor tua yang dulunya dikenal sebagai superhero ikonik. Dengan kariernya yang makin meredup, Keaton berupaya untuk membuat drama Broadway lebih menarik.

PemilihanKeaton sebagai tokoh utama ini dinilai pas, mengingat dalam kehidupan nyata, dia pernah dikenal sebagai pemeran Batman. “Saya mencintai film ini untuk menampilkan keberaniannya,” kata Michael Keaton seusai menerima SAG Awards bersama pemain Birdman lainnya. Namun, Keaton harus mengakui keunggulan aktor Theory of Everything, Eddie Redmayne yang berhasil menjadi pemenang untuk kategori male actor in leading role.

Kemampuan aktingnya dalam memerankan Stephen Hawking begitu memukau dan menuai pujian. Di atas panggung, Eddie menatap piala berwarna biru yang diberikan aktris Julia Robert dengan senyum mengembang. Dia tidak ingin penghargaan itu hanya miliknya sendiri. Eddie mendedikasikan piala tersebut untuk para penderita dan korban ALS.

Sementara Julianne Moore yang difavoritkan meraih Oscar untuk film Still Alice, berhasil mendapatkan penghargaan female actor in a leading role SAG Awards. Dia mengalahkan Jennifer Aniston (Cake ), Felicity Jones (The Theory of Everything), Rosamund Pike (Gone Girl ), dan Reese Witherspoon (Wild ).

Secara luas, Julianne dianggap masih menjadi yang teratas untuk menjadi aktris terbaik dalam perannya di film Still Alice karena memainkan peran sebagai wanita dengan penyakit alzheimer. Saat menerima penghargaan, dia teringat pelajaran awal di opera yang pernah dimainkannya, As the World Turns, di mana dia memainkan dua karakter, baik dan jahat. “Kemudian saya menyadari, sangat membosankan untuk berakting sendiri,” kata Julianne.

Untuk aktor pendukung, JK Simmons yang tampil di film Whiplash , mampu mengalahkan Robert Duvall (The Judge ), Ethan Hawke (Boyhood ), Edward Norton (Birdman ), dan Mark Ruffalo (Foxcatcher ). Simmsons yang berhasil menyelami karakter guru jazz dalam film tersebut, mengaku bahagia. Dia mengucapkan terima kasih kepada 49 aktor yang tampil dalam drama tersebut.

“Kami semua aktor pendukung. Masing-masing kami adalah penting, benar-benar penting untuk cerita karena jika ada satu saat yang salah, kereta akan keluar dari relnya,” sebutnya. Hal senada diungkap bintang Boyhood, Patricis Arquette saat menerima penghargaan untuk aktris pendukung terbaik di SAG Awards ini.

“Film kecil ini adalah tentang manusia dan tentang membawa kehidupan nyata ke layar,” katanya. Untuk penghargaan ini, para aktor sebagian besar dipilih oleh Academy of Motion Pictures Arts and Scienes sehingga SAG Awards dianggap salah satu preview Oscar paling jitu. Para aktor dan aktris yang menjadi pemenang, biasanya menjadi cermin satu sama lain atau paling tidak hampir sama.

Tahun lalu, empat pemenang SAG Awards , Matthew McConaughey, Cate Blanchett, Lupita Nyong’o, Jared Leto, juga menjadi pemenang untuk Academy Awards . Bukan tidak mungkin jika Birdman pun mempunyai peluang besar untuk mendapatkan piala Oscar.

Ananda nararya
(bhr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3872 seconds (0.1#10.140)