Menyisir Kota, Menjelajah Alam

Minggu, 25 Januari 2015 - 10:41 WIB
Menyisir Kota, Menjelajah Alam
Menyisir Kota, Menjelajah Alam
A A A
Dari hamparan kebun teh dan hutan pinus hingga bersandar di Gunung Tangkuban Perahu. New Honda CR-V diajak berpetualang ke dua medan sekaligus: perkotaan dan alam pegunungan.

Walau hanya mengalami ubahan ringan (facelift), terus terang tampang New Honda CR-V Prestige 2.4L yang saya kemudikan mudah sekali dibedakan dengan model sebelumnya. Saya suka sekali tampilan grilldepan yang kini menyatu dengan lampu utama. Terasa lebih tegas.

Fog lampbaru yang mengotak dan besar ikut menambah kesan garang. Lampu depan New CR-V pun sudah dirubah sesuai tren masa kini: menggunakan HID Projector Headlight serta LED Daytime Running Light. Tidak hanya semakin terang lampunya, tapi juga kian mewah tampilannya. Apalagi saat dikombinasikan dengan velg18 inci baru yang sangat elegan itu.

Tapi fitur freshini yang saya suka: power tailgate. Ketika saya akan memasukkan barang ke bagasi cukup menekan sebuah tombol pada Smart Key, maka pintu bagasi terbuka otomatis walau mobil tidak menyala. Praktis! Setelah menyalakan mobil lewat sentuhan di start/stopbutton, saya mulai mengatur posisi dan ketinggan tuas kemudi hanya lewat sentuhan ringan.

Begitupun saat mengatur posisi duduk. Lagi-lagi hanya butuh beberapa sentuhan saja lewat tombol dibawah kursi. Perjalanan test drivekali ini memang sedikit berbeda. Tidak lagi menjelajah kota Bandung lewat tol Cipularang, namun menempuh rute alernatif Jatiluhur-Purwakarta-Wanayasa-Tangkuban Perahu yang memiliki jalan lebih kecil dan berkelok-kelok. Setelah meninggalkan tol Cipularang, kami mulai melewati jalanan sempit, berlubang, juga berliku.

Performa mesin 2.4L iVTEC DOHC yang tersalurkan ke transmisi 5 percepatan otomatis terasa bertenaga. Terutama untuk menyalip di jalur sempit. Jalan yang berlubang pun tidak terlalu terasa karena suspensi mampu meredam guncangan dengan baik. Kali ini saya sudah duduk sebagai penumpang di depan, sehingga lebih dapat fokus mengamati interior mobil dengan banderol Rp395 juta-Rp477 juta itu.

Memang ada beberapa hal yang berubah. Yang kecil-kecil antara lain soft paddan tekstur kayu di dashboard dan door lining. Di konsol tengah juga lebih banyak barang yang bisa disimpan. Ini penting, mengingat profil pengemudi CR-V adalah pribadi yang banyak beraktivitas. Di kawasan perkebunan teh serta hutan pinus yang tidak jauh dari Tangkuban Perahu itu saya mulai mengecilkan AC hanya yang mengarah ke saya.

Ini bisa dilakukan karena CR-V sudah dilengkapi dual zone climate control. Tapi, di kawasan yang mendung dan hawa dingin hingga 17 derajat inilah saatnya sun roofdibuka. Ya, New Honda CR-V Prestige 2.4L sudah dilengkapi sun roof, yangmembuat hawa dingin pegunungan yang segar itu meresap ke dalam kabin. Hmm...nyaman.

Tapi tanpa hawa pegunungan yang segar itu pun sebenarnya CR-V bisa memberikan kesegaran alami di kabin. Tepatnya ketika kita sedang berkendara diperkotaan yang macet dan berpolusi. Cukup sentuhkan jari ke tombol mungil di atas layar sentuh audio video 7 incinya. Namanya Nanoe. Fungsinya seperti AC keluaran terbaru di rumah. Teknologi Nanoe mampu membuat kualitas udara di mobil tetap segar, menjaga kulit, bahkan mengurangi bau tak sedap.

Selama perjalanan yang total memakan waktu 4-5 jaman itu pun saya tidak terlalu bosan. Karena dengan mudahnya saya bisa menghubungkan smartphoneke layar 7 incinya itu (melalui kabel HDMI yang harus dibeli terpisah). Apalagi kualitas audionya meningkat dengan tambahan tweeter speaker.

Tidak semua pabrikan memperhatikan detil seperti ini di model SUV mereka. Menjelang malam akhirnya perjalanan kami berakhir di Hotel Trans Luxury, Bandung, dengan satu kesimpulan: inilah mobil yang bisa memenuhi ekspektasi konsumen akan sebuah SUV, sesuai tagline Everything You Wanted. Mesin 2.4L yang bertenaga terbukti tidak kehilangan power ketika harus menanjak dalam kondisi jalan berliku di ketinggian menuju ke Tangkuban Perahu. Ada paddle shiftuntuk memainkan torsi.

Kalaupun terpaksa berhenti di jalan menanjak, saya tidak khawatir karena ada fitur Hill Start Assist untuk membantu pengendara dari gerakan mundur sesaat ketika akan melaju kembali. Soal desain, rasanya CR-V memiliki model terbaik dibanding kompetitor sekelasnya.

Keselamatan mobil yang telah terjual 153.773 unit di Indonesia itu sudah setara sedan. Adapun fitur-fitur tambahan seperti sun roof,in-car entertainment, serta teknologi Nanoe seolah menegaskan bahwa dengan sebuah SUV, kenyamanan maupun keamanan pengguna sama sekali tidak berkurang, namun justru ditingkatkan. Jadi, apa lagi yang Anda butuhkan dari sebuah SUV.

Danang arradian
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7914 seconds (0.1#10.140)