Evaluasi Penampilan

Sabtu, 24 Januari 2015 - 12:13 WIB
Evaluasi Penampilan
Evaluasi Penampilan
A A A
Tawa dan canda mewarnai latihan vokal 6 Junior tersisa kontes Indonesian Idol Junior di studio musik di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Kamis (22/1). Hal itu dilakukan agar para Junior tidak grogi atau gugup menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Namun, saat satu per satu Junior melatih lagu yang akan dinyanyikan malam ini, mereka langsung berkonsentrasi dan serius latihan. Jojo, Rian, Vitara, Baila, Abby, dan Maria tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang sudah tinggal beberapa langkah lagi untuk menjadi penyanyi idola masyarakat. Untuk lebih memaksimalkan proses latihan, para Junior menonton kembali penampilan mereka minggu lalu.

“Evaluasi penampilan supaya kita tahu salahnya di mana, kurangnya apa dan sebagainya. Jadi bisa diperbaiki. Kalau aku lebih senang menonton sendiri di YouTube , khususnya penampilan aku. Kalau menonton ramai-ramai, ya buat seru-seruan saja,” kata Rian. Beberapa minggu belakangan ini, Rian menjadi kontestan yang selalu mendapat pujian dari juri, tetapi untuk latihan dan menjadi lebih baik setiap penampilannya, dia mengaku terus mengevaluasi diri.

Terlebih minggu lalu, Iyeth Bustami memberi saran agar Rian berlatih untuk mengeluarkan suara yang berbeda-beda sehingga dia bisa membawakan lagu dengan genre lain daripada biasanya. “Aku sedang latihan bagaimana caranya supaya penampilan aku enggak gitu-gitu saja. Biar penonton juga enggak bosan sama aku,” kata penggemar penyanyi Afgan dan Sammy Simorangkir ini.

Sama halnya dengan Jojo. Dia selalu tidak pernah puas dengan askinya di atas panggung meski pujian kerap datang kepadanya. Ternyata, penyanyi bersuara khas ini sudah mendapat pesan dari ibunya untuk tidak selalu cepat puas dengan apa yang diraih. “Kata mama, aku enggak boleh cepat puas. Kalau nanti puas, aku malah enggak banyak belajar untuk penampilan selanjutnya,” ujarnya.

Ketekunannya berlatih dan menerima masukan dari juri, membuatnya lebih mudah bernyanyi di atas panggung. Saat tampil, Jojo mengaku selalu berusaha menghilangkan rasa grogi. Baginya, saat menyapa penonton, dia harus memberikan yang terbaik. “Walau lagu yang aku nyanyiin itu lagu kesukaanku, tapi aku bilang susah (menyanyikannya) karena masih banyak yang harus dipelajari.

Penjiwaannya harus tepat dan liriknya dihafalin lagi,” bebernya. Malam ini selain membawakan lagu utama, Jojo juga akan tampil bersama bintang tamu, Cherrybelle. Mereka akan menyanyikan salah satu lagi girlband yang populer dengan lagu Beautiful ini. Penampilannya dengan kelompok vokal wanita ini menjadi tantangan tersendiri baginya.

“Aku tahu lagu Cherrybelle, tapi enggak pernah nyanyiin.Kan itu lagu perempuan, dan ini tantangan aku untuk bisa menyanyikannya saat tampil bersama mereka,” ucap Jojo. Vitara yang minggu lalu mendapat hak veto dari juri, berusaha untuk membuktikan kepada juri kalau dirinya layak untuk dipertahankan di Indonesian Idol Junior ini.

“Juri pernah bilang enggak akan keluarin hak veto, tapi ternyata dikeluarin buat aku. Rasanya bangga banget. Aku memang harus lebih bagus lagi biar enggak mengecewakan juri,” katanya. Memasuki 6 besar, para Junior menunjukkan kemajuan dan daya juang yang tinggi. Meski sampai sejauh ini, Baila dinilai juri masih belum memperlihatkan kemajuannya.

Irvnat selaku juri dan music director Junior mengatakan Baila belum punya jiwa penghibur meski bakat menyanyinya sama dengan Junior lainnya. “Ketika latihan bagus, tetapi saat di panggung, kurang, sehingga harus terus diasah. Memang tidak bisa instan, hanya beberapa bulan, tetapi butuh proses,” ujar Irvnat.

Ananda nararya
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7289 seconds (0.1#10.140)