Universitas Binus Buka BULC di Semarang

Sabtu, 24 Januari 2015 - 11:05 WIB
Universitas Binus Buka BULC di Semarang
Universitas Binus Buka BULC di Semarang
A A A
SEMARANG - Universitas Bina Nusantara(Binus) Jakartaresmi membuka Binus University Learning Community (BULC) di Kota Semarang. BULC tersebut merupakan perwujudan dari Unit Sumber Belajar Jarak Jauh (USBJJ) yang dimiliki Binus untuk menjembatani para mahasiswa yang berasal dari luar daerah.

Melalui BULC ini, mahasiswa yang berasal dari Semarang dan sekitarnya bisa memperoleh perkuliahan melalui Binus Online Learning yang merupakan sebuah media belajar online bagi individu yang ingin belajar dan mengembangkan diri tanpa harus terikat dengan jadwal dan tempat tertentu.

“Di BULC, mahasiswa dapat melakukan kegiatan tutoring dengan tutor yang disediakan di masing-masing wilayah, ujian dan kegiatan lainnya tanpa harus datang ke kampus Binus yang ada di Jakarta,” papar Rektor Binus Harjanto Prabowo seusai peluncuran BULC USBJJ Semarang di Gedung Griya Bina Artha, kemarin.

Binus merupakan perguruan tinggi swasta pertama yang memperoleh izin pendidikan jarak jauh melalui SK No.146/E/O/2014 mengenai penyelenggaraan pendidikan jarak jauh. “Sebelum buka di Semarang pada Desember tahun lalu kami juga membuka pendidikan jarak jauh ini di Palembang. Selanjutnya, kami juga akan buka di Malang dan beberapa kota lainnya. Target kami ada 14 kota yang akan dibuka BULC ini,” paparnya.

Lebih lanjut Harjanto menambahkan, melalui BULCUSBJJ Semarang, Binus menawarkan dua program studi yang disediakan melalui program pendidikan jarak jauh, yakni Business Management dan Corporate Information System. “DI BULC Semarang kami sediakan ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, ruang video conference serta ruang diskusi mahasiswa. Sedangkan perkuliahannya akan efektif mulai Maret nanti. Saat ini pendaftaran sudah mulai dibuka,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah VI Sri Sujanti mengemukakan, Kopertis akan terus memberikan dukungan kepada perguruan tinggi swasta baik yang ada di ruang lingkup Jateng maupun luar Jateng yang ingin menyelenggarakan pendidikan jarak jauh.

“Kami akan terus mendukung terciptanya pendidikan jarak jauh dari PTS demi pemerataan pendidikan di daerah. Selama semua penyelenggaraan tersebut sesuai dengan koridor hukum yang berlaku,” ucapnya.

Susilo Himawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3927 seconds (0.1#10.140)