10 Ikon Negara Paling Populer

Kamis, 22 Januari 2015 - 11:05 WIB
10 Ikon Negara Paling Populer
10 Ikon Negara Paling Populer
A A A
Setiap negara memiliki bangunan terkenal yang biasa menjadi ikon negara bersangkutan. Ikon negara tersebut bisa berupa bangunan bersejarah, monumen ataupun bangunan-bangunan lain yang menjadi simbol sebuah negara. Berikut 10 bangunan paling popular di dunia menurut jajak pendapat Litbang KORAN SINDO

CANDI BROROBUDUR, Indonesia 33%

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia,sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha.

Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia.Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

MENARA EIFFEL, Perancis 20%

Menara Eiffel Menara Eiffel merupakan ikon negara Prancis yang dibangun di Champ de Mars, tepi Sungai Seine Paris. Menara ini dibangun antara tahun 1887 dan 1889. Penamaan Eiffel sesuai dengan nama perancang menara ini, yaitu Gustave Eiffel.

Tinggi menara ini adalah 324 meter dari tanah sampai ke puncak. Menara ini juga identik sebagai simbol romantisme. Banyak pasangan yang memadu kasih di lokasi ini. Banyak pula pria yang mengambil lokasi ini sebagai tempat untuk melamar kekasihnya.

Colosseum, Italia 2%

Colosseum Colosseum adalah bangunan bersejarah yang terletak di Roma, Italia yang dibangun pada masa Vespasian tahun 72 M dan selesai tahun 80 M. Pada zaman dahulu, Colosseum digunakan para petinggi Romawi untuk meningkatkan popularitas dengan memberikan hiburan gratis kepada rakyatnya seperti menonton pertarungan gladiator, perburuan binatang, simulasi perang, serta pertunjukkan drama. Colosseum menjadi objek incaran para wisatawan yang berkunjung ke Italia.

OPERA HOUSE Sydney, Australia 3%

Opera House Sydney Opera House adalah ikon Sydney, Australia. Bentuk bangunan ini mirip dengan cangkang yang dilapisi keramik putih Swedia. Bangunan ini didesain oleh seorang arsitek Denmark, Jorn Utzon. Di dalam gedung yang megah ini terdapat sebuah studio rekaman, restoran dan bar, serta dua gerai ritel. Sydney Opera House juga sering menjadi tempat acaraacara konferensi dan upacara penting.

BIG BEN, Inggris 4%

Big Ben Big Ben adalah ikon kota London yang terletak di Gedung Parlemen Westminster. Menara setinggi 96 meter ini selesai dibangun pada 1859. Yang menarik dari Big Ben adalah ketepatan waktu yang sangat bisa dihandalkan. Jam ini nyaris tidak pernah berhenti. Karena kondisi tanah yang tak stabil, Menara Big Ben sedikit miring ke barat laut sejauh 220 milimeter. Big Ben dibuat oleh Edward John Dent dan didesain oleh Edmund Beckett Denison dan George Airy.

MENARA PISA, Italia 3%

Menara Pisa Menara miring Pisa adalah sebuah bangunan yang berada di Kota Pisa, Italia. Menara dengan 294 anak tangga ini pada awalnya dibuat vertikal pada Agustus 1173, namun tak lama, menara inipun mulai miring. Tingkat Kemiringannya 5.5 derajat. Namun setelah proses stabilisasi kemiringannya menjadi 3.99 derajat. Menara dengan tinggi 55,86 m dari permukaan tanah terendah inipun selalu ramai dikunjungi wisatawan.

TAJ MAHAL, India 4%

Taj Mahal Mendengar kata India, pasti akan teringat Taj Mahal. Bangunan indah nan megah dibangun atas keinginan Kaisar Shah Jahan yang ingin mengenang istri tercintanya. Waktu pembangunannya cukup lama, yakni 22 tahun dengan melibatkan sekitar 20.000 orang serta 1.000 gajah. Bangunan ini memiliki arsitektur yang sangat indah. Pucuk Taj Mahal didesain seperti bunga teratai. Sementara sebagai hiasan, bangunan ini menyertakan 43 jenis batu permata.

TEMBOK CHINA, China 13%

Tembok China Negeri Tirai Bambu identik dengan keberadaan Tembok China. Bangunan ini dikenal sebagai bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia. Dalam sejarahnya, Tembok ini didirikan untuk melindungi kekaisaran China kuno dari serangan bangsa Mongolia. Tak hanya itu, tembok ini juga dimanfaatkan untuk mengamankan jalur bisnis utama pada masa itu. Saat ini, Tembok China menjadi salah satu kekuatan sektor wisata China. Setiap tahunnya, benteng ini ramai dikunjungi turis

PATUNG LIBERTY, New York, AS 14%

Patung Liberty Patung kebanggaan dan simbol kota New York ini dibangun tahun 1874 serta dirancang oleh pemahat asal Prancis bernama Frederic-Auguste Bartholdi. Patung ini melambangkan seorang wanita sedang membebaskan diri dari belenggu. Obor menyala yang berada di tangan kanan Liberty melambangkan kebebasan. Sementara tangan kiri memegang sebuah buku bertulisan July 4, 1776 yang merupakan hari kemerdekaan Amerika. Patung yang memiliki nama asli Liberty Enlightening the World ini memiliki tinggi 46 meter dan berat 204 ton.

Fakta Borobudur

  1. Bahan : 55.000 m3 batu andesit
  2. Tinggi asli : 42m
  3. Tinggi kini : 31,5 m
  4. Lebar : 123 m
  5. Tinggi patung Buddha : 1,5 m
  6. Patung Buddha : 504 buah
  7. 72 di antaranya di dalam stupa berterawang
  8. 432 di dalam relung terbuka di pagar langkan
  9. Arupadhatu : 72 stupa berterawang, 1 stupa induk besar
  10. Rupadhatu : 4 lorong dengan 1.300 gambar relief Panjang relief seluruhnya 2,5 km dengan 1.212 panel berukir.
  11. Kamadhatu : dasar candi dengan kaki tertutup 13.000 m3 batu dengan 160 relief tersembunyi.

WAKTU PENELITIAN 15 - 23 Desember 2014
METODE PENGUMPULAN DATA Wawancara via telepon
RESPONDEN 400 responden yang berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Manado & Makassar
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8783 seconds (0.1#10.140)