Karang Taruna Butuh Pemimpin Inovatif

Jum'at, 19 Desember 2014 - 13:44 WIB
Karang Taruna Butuh Pemimpin Inovatif
Karang Taruna Butuh Pemimpin Inovatif
A A A
BANDUNG - Organisasi karang taruna harus dapat beradaptasi dengan perubahan zaman. Selain itu organisasi ini pun dituntut untuk bisa lebih mandiri dan inovatif dalam mengemas program yang dapat mengangkat potensi daerah.

Pemahaman dan ide tersebut dikatakan oleh salah seorang calon Ketua Karang Taruna Kota Bandung periode 2014-2019, Tubagus Fiki Chikara Satari, 38. Pria yang akrab di sapa Fiki ini memaparkan misi dan visinya dalam acara yang digelar di Karang Taruna RW 04 Balong Gede, Kecamatan Regol, Kota Bandung, kemarin.

“Karang Taruna harus memiliki semangat ke setiakawanan sosial dan kemandirian, dengan merebranding karang taruna agar citra dan identitasnya lebih relevan dengan masa kini,” ucap Fiki yang juga tercatat sebagai Dosen Fakultas Ekonomi Un pad ini Menurutnya karang taruna merupakan kumpulan anak muda dan menjadi garda terdepan dalam mengawal program pemerintah.

Kemandirian harus dimiliki agar karang taruna mampu berwirausaha secara sistematis dan ber kelanjutan. Syaratnya para pengurusnya harus melek teknologi sebagai jalan menjadi komunikasi dan kordinasi baik internal maupun eksternal. Saat ini di Kota Bandung terdapat 1.561 RW, jika setiap RW memiliki anggota karang taruna sebanyak 30 orang maka akan ada 450.000 lebih pemuda yang bisa di gerak kan.

“Saya berangan-angan di Kota Bandung ada taman karang taruna, dimana di tempat tersebut memamerkan setiap potensi karang taruna di Kota Bandung sehingga terjalin silaturahmi sekaligus memacu untuk terus berkarya,” tutur pendiri dan Ketua Bandung Creative City Forum (BCCF) ini. Selain itu, kata dia, penting juga untuk mengedepankan tata kelola dan Standard Operating Procedure (SOP) organisasi yang mapan.

Seperti di karang taruna RW 04 Kelurahan Balong Gede Kecamatan Regol Kota Bandung, yang bekerja sama dengan BCCF menghasilkan produk kreatif olahan kulit yang sudah menyentuh pasar Texas, Amerika Serikat. Anggota Komisi D di DPRD Kota Bandung Willy Kuswandy mengatakan, sudah waktunya tongkat kepemimpinan Ketua Karang Taruna Kota bandung yang diembannya diserahkan kepada generasi lebih muda.

Dia mendukung Fiki untuk menjadi penerus tongkat kepemimpinan tersebut. Selain memiliki kemampuan dia pun di nilai paham akan berbagai permasalahan di kalangan pemuda.

“Dia juga kaya akan pengalaman berorganisasi seperti menjadi Chairman Indonesian Contractor Alliance (GAKINDO) Bandung, kemudian Chairman Kreative Independent Clothing Komunity (KICK), Vice Chairman Bandung Creative City Forum (BCCF),” sebutnya.

C-R5
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4106 seconds (0.1#10.140)