Kiat Memilih Tempat Penitipan Anak

Sabtu, 29 November 2014 - 15:04 WIB
Kiat Memilih Tempat Penitipan Anak
Kiat Memilih Tempat Penitipan Anak
A A A
Jangan terburu-buru memutuskan meninggalkan anak di TPA. Berikut beberapa pertimbangan sebelum memilih TPA :

1.Sebaiknya TPA yang dituju tidak terlalu dekat dengan jalan raya dan apabila berada di gedung perkantoran atau apartemen, sebaiknya lokasi tempat penitipan terletak di lantai dasar.

2.Tanyakan dan cek perbandingan pengasuh dengan jumlah anak yang dititipkan. Pastikan pula para pengasuh adalah orang-orang yang terlatih menghadapi bayi dan batita serta sensitivitas mereka pada kebutuhan anak.

3.Agar lebih yakin, Anda bisa mengumpulkan informasi mengenai TPA incaran dari teman-teman di kantor, tetangga, kerabat, ataupun internet.

4.Ajaklah anak ke TPA pilihan Anda. Perhatikan apakah dia nyaman dengan suasana TPA itu, apakah pengasuh di TPA mampu menarik perhatian dan mengasuhnya serta menjaganya dengan aman.

5.Kenali TPA-TPA yang diincar berikut fasilitas yang ditawarkan. Misalnya bagaimana bentuk fisik bangunan, ruangan, arena bermain anak, dan sebagainya.

6.Pikirkan jarak dari rumah dengan lokasi TPA atau dari tempat bekerja. Termasuk biaya penitipan apakah sesuai atau tidak.

7.Cari tahu kredibilitas TPA, misalnya izin beroperasi dan para tenaga ahli yang mendukung (dokter anak, psikolog anak, dan lain-lain).

8.Bila anak berusia di bawah satu tahun, sebaiknya lebih ekstra dan cermat dalam memilih TPA. Cari tahu pengalaman dan keterampilan pengasuh yang mengasuh dan menjaga bayi Anda.

Novi/berbagai sumber
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4452 seconds (0.1#10.140)