Irigasi di Sergai Kurang Diurus

Jum'at, 28 November 2014 - 13:41 WIB
Irigasi di Sergai Kurang Diurus
Irigasi di Sergai Kurang Diurus
A A A
SERDANGBEDAGAI - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, menilai, irigasi di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) kurang begitu bagus sehingga butuh perawatan.

Sementara irigasi sangat dibutuhkan petani untuk mengairi areal persawahan. “Ini harusdiperbaiki. Tembuskankekementerian, perbaikan ini harus jadi. Warga juga harus membantu secara swadaya nantinya,” kata Mentan Andi Amran Sulaiman ketika meninjau irigasi tersier di Desa Pematang Guntung Bogak Besar, dan Desa Pematang Pelintahan, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kamis (27/11).

Bupati Soekirman yang mendampingi Mentan Andi Amran Sulaiman tak sungkan mengajak warganya bertanya langsung. “Mana orang Bogak, ini pak menteri tanya langsung ke dia,” katanya. Mentan Andi Amran Sulaiman merespons baik dialog dengan warga. Pria asal Bone, Sulawesi Selatan itu pun tampak santai menjawab meski sebelumnya berjalan-jalan di pematang sawah yang becek dan berlumpur.

Usai melihat kondisi irigasi Desa Pematang Guntung yang diketahui buatan tahun 1980- an itu, Mentan mengakui, untuk Indonesia sendiri sekarang ini ada 52% irigasi yang kondisinya sangat buruk. Karena itu, dia memastikan perbaikan irigasi akan digenjot, selain juga fokus ke pengadaan benih dan distribusi pupuk. “Irigasi yang buruk di Desa Pematang Guntung ini benar ditunjukkan kepada saya. Ini akan diperbaiki. Saya janji tiga bulan ini selesai. Sebab, bila sudah bagus akan memacu indeks pertanaman dari satu musim tanam menjadi tiga musim tanam,” katanya.

Selain ke Serdangbedagai, Mentan Andi Amran Sulaiman juga ke Deliserdang. Di sana dia menyoroti potensi lahan pertanian yang ada di Desa Naga Timbul, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang. Dia melihat langsung kondisi lahan pertanian, dari mulai kualitas tanah, tanaman padi, perawatan tanaman buah dan sayuran, hingga mendengarkan keluhan para petani.

Bahkan, Mentan tak canggung memberikan contoh cara menanam padi yang baik untuk menghasilkan panen memuaskan. “Caranya kita harus menanamnya dengan halus sesuai barisan padinya, dan Insya Allah menghasilkan panen yang bagus juga nantinya,” ujarnya yang mengaku sudah 20 tahun menanam padi.

Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan, mengatakan, untuk memajukan sektor pertanian itu berarti harus memajukan masyarakatnya secara langsung. “Semuanya itu akan kita tindak lanjuti apa yang diminta pak menteri. Semua program pak menteri ini luar biasa,” tuturnya.

Dia tidak menampik setelah adanya kunjungan kerja Mentan ke Deliserdang, ada kesepakatan dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sumut soal pengerjaan saluran irigasi persawahan.

Erdian Wirajaya/ M andi yusri
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5045 seconds (0.1#10.140)