Ajang Seleksi

Jum'at, 28 November 2014 - 13:39 WIB
Ajang Seleksi
Ajang Seleksi
A A A
MEDAN - Tim yang ambil bagian di Turnamen Segi Empat akan menurunkan skuad terbaik. Mereka akan melakukan itu saat berlaga di Stadion Kebun Bunga, Medan, Sumatera Utara, 11–14 Desember mendatang.

Turnamen sepak bola bertajuk Medan FC Internasional Cup I ini dijadikan sebagai ajang uji coba timtim yang bakal ambil bagian. Meski berstatus uji coba, bukan berarti pemain yang diturunkan merupakan pelapis. Kuala Lumpur Football Association (KLFA) U-21, misalnya. Mereka akan menurunkan kekuatan penuh. Mereka menganggap turnamen ini merupakan tur yang tepat menguji para pemainnya jelang Piala Presiden yang akan dihadapi awal tahun depan.

Pelatih KLFA Razak bin Jamadi mengatakan, timnya sangat membutuhkan uji coba seperti ini untuk proses seleksi yang tengah dilakukannya. ”Kami akan bawa seluruh pemain, meski kami masih dalam tahap seleksi. Ajang ini sangat tepat untuk melihat kualitas para pemain kami,” kata Razak saat dihubungi kemarin. Razak meyakini turnamen itu akan berlangsung sengit, terlebih ketika timnya akan bertarung dengan PSMS Medan. Dia mengakui PSMS merupakan tim yang paling disegani lawan.

Alasan itu pula yang membuat timnya tertarik mengikuti turnamen tersebut. ”Saya menyadari kualitas tim-tim seperti PSMS dan klub Indonesia lainnya. Jadi, kami sangat beruntung bisa menggelar persiapan ini. Anak-anak bisa punya pengalaman dan jam terbang,” tuturnya.

Sementara Pelatih PSMS Legirin mengatakan, turnamen ini sangat tepat untuk prakompetisi Divisi Utama 2015 sekaligus persiapan menghadapi Marahalim Cup yang akan digelar Januari mendatang. ”Saya pikir PSMS memutuskan ikut turnamen ini karena akan sangat bermanfaat untuk mengevaluasi hasil latihan selama ini,” kata Legirin.

Legirin melihat timnya sangat antusias menjalani turnamen tersebut, terlebih setelah mendengar optimisme KLFA. Legirin intinya ingin melihat pemainnya kembali tampil perkasa seperti saat Ayam Kinantan, julukan PSMS, melibas Bintang Johor dengan skor 12-0 di partai uji coba sebelumnya. ”Yang pasti, seluruh peserta akan turun dengan kekuatan penuh menjalani turnamen tersebut,” tandasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Lilik Suheri mengatakan, persiapan turnamen terus digeber. Salah satunya mencari satu peserta lagi setelah PSMS, KLFA U-21, serta PSGL Gayo Lues yang tak mau kalah di turnamen tersebut. PSGL bahkan telah mempersiapkan diri selama dua bulan terakhir untuk menguji materi pemainnya sebelum kompetisi.

Lilik menuturkan, pihaknya mendapat konfirmasi bahwa Semen Padang U-21 batal mengikuti turnamen karena tim itu dibubarkan setelah Kompetisi ISL U-21. Alasan itu pula yang membuat pihaknya mencari penggantinya.

”Mereka (Semen Padang U-21) hanya mempertahankan 10 pemain. Jadi, mereka belum gelar persiapan dan masih cari pemain. Tapi, kami sudah siapkan pengganti mereka. Kandidatnya ada PSP Padang dan beberapa tim lain yang berminat,” kata Lilik, Ketua Umum Medan FC itu.

Haris dasril
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9080 seconds (0.1#10.140)