AC Sharp yang Ramah Lingkungan

Jum'at, 28 November 2014 - 11:28 WIB
AC Sharp yang Ramah Lingkungan
AC Sharp yang Ramah Lingkungan
A A A
SEBAGAI perusahaan yang peduli lingkungan, sadar kesehatan, berfokus pada produk hemat energi, dan selalu mengembangkan produk penghasil energi, PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) bakal meluncurkan produk air conditioner (AC) yang ramah lingkungan.

Produk AC tersebut kelak akan mengganti bahan pendinginnya dari chlorodifluoromethane-hydrochlorofluorocarbon atau R-22 menjadi difluoromethane atau R-32 yang merupakan senyawa organik ramah lingkungan. Patut diketahui, bahan pendingin seperti R-22 mampu merusak lapisan ozon (O3). Padahal kita tahu, lapisan ozon ini memiliki fungsi untuk menyerap radiasi sinar ultraviolet (UV) yang hendak masuk ke bumi.

Terlebih, mulai 1 Januari 2015, R-22 dan HCFC-141b bakal dilarang penggunaannya di seluruh negara dan diganti dengan HCFC-32 (R-32). Diperkirakan pada 2030 sudah tidak ada lagi produk-produk pendingin udara yang masih menggunakan R-22. Menanggapi masalah tersebut, Sales Customer Satisfication and Branding Director Sharp Takaya Wakasumi mengatakan, sesuai dengan tekad perusahaannya yang ingin selalu berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan, Sharp akan terus memproduksi serta melengkapi produkproduknya dengan teknologi berkualitas dan berbahan ramah lingkungan, salah satunya melalui produk AC.

Apalagi, tambahnya, R-32 memiliki sejumlah kelebihan seperti mampu memperkecil potensi pemanasan global menjadi hanya 1/3-nya dibandingkan R-22, serta memiliki karakteristik tekanan yang lebih besar yakni hampir 1,7 kali lebih besar ketimbang R-22. “Guna melengkapi produk tersebut, pihak Sharp juga menyarankan konsumen untuk menggunakan pipa berkualitas baik dengan ketebalan minimal 0,66 mm agar terhindar dari risiko kebocoran,” kata Product Planning Division General Manager PT SEID Herdiana Anita Pisceria.

Rencananya, produk AC Sharp yang ramah lingkungan dengan bahan pendingin R-32 bakal mulai dipasarkan pada awal Desember 2014 dan akan melengkapi full line up - nya hingga 33 unit pada awal tahun depan.

Rehdian khartika
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6774 seconds (0.1#10.140)