Ini Upaya Kementerian PU Pera Atasi Banjir Jakarta

Kamis, 27 November 2014 - 20:10 WIB
Ini Upaya Kementerian PU Pera Atasi Banjir Jakarta
Ini Upaya Kementerian PU Pera Atasi Banjir Jakarta
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU Pera) tengah melakukan pengerjaan sejumlah proyek penanggulangan banjir di Ibu Kota.

Direktur Sungai dan Pantai, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air(SDA) Kementerian PU Pera Imam Santoso mengatakan, upaya yang dilakukan menanggulangi banjir Jakarta di antaranya normalisasi Sungai Ciliwung mulai dari ruas Pintu Air Manggarai-Jembatan Tol JORR TB Simatupang.

Normalisasi ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas tampung air dari 200 m3/detik menjadi 570 m3/detik. Selanjutnya, penataan kawasan di sekitar Ciliwung.

"Selain itu akan revitalisasi situ-situ seperti Situ Bojongsari, Depok, untuk konservasi, tampungan air, pengendali banjir, recharge air tanah dan wisata. Adapula normalisasi Kali Pesanggrahan untuk mengurangi resiko terjadinya banjir dan penataan kawasan," papar Imam dalam rilisnya, Kamis (27/11/2014).

Semua kegiatan tersebut, lanjut Imam, dari segi teknis telah siap dan sedang dilaksanakan.

Namun dari segi sosial kementeriannya membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah terkait dan masyarakat.

Kedepan Kementerian PU dan Pera akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah Jakarta.

Imam menambahkan, penanggulangan banjir di Jakarta dibutuhkan perhatian semua pihak dalam menjaga dan melestarikan lingkungan agar ketika musim hujan datang dapat meminimalisir kerugian akibat bencana banjir.

Tidak kalah penting adalah kordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti pemerintah daerah dan pemerintah pusat.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6940 seconds (0.1#10.140)