Awas! Efek Berbahaya dari Lipstik

Kamis, 27 November 2014 - 15:05 WIB
Awas! Efek Berbahaya dari Lipstik
Awas! Efek Berbahaya dari Lipstik
A A A
SETIAP wanita akan memiliki warna lipstik favorit di kotak kosmetiknya. Tidak ada keraguan, bahkan sangat penting bagi wanita untuk menyoroti bibirnya. Hingga akhirnya disebut sebagai 'bibir merah'. Akan tetapi, banyak kelemahan menggunakan lipstik terkait bahan dasar pembuatannya.

Sehingga, para wanita harus selektif menggunakan lipstik misalnya pada acara-acara khusus atau pastikan bahwa Anda menggunakan lipstik sekali sehari saja. Disamping itu, penting memperhatikan kualitas lipstik. Dengan memilih produk-produk berkualitas, Anda bisa terhindar dari masalah besar disebabkan oleh lipstik.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih lipstik. Karena langsung pada bibir, Anda perlu perhatikan bahan kimia berbahaya dalam lipstik yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

Berikut ini adalah beberapa efek berbahaya dari lipstik yang dapat terjadi jika Anda menggunakan produk-produk berkualitas rendah secara terus-menerus yang dikutip dari Boldsky.com.

- Logam Berat
Penelitian telah menunjukkan bahwa ada lipstik mengandung tingkat kromium, kadmium dan magnesium. Hal ini akan mengakibatkan peningkatan risiko penyakit berbahaya dan kerusakan organ. Tingginya kadar kadmium dapat disimpan di ginjal dan akhirnya menyebabkan gagal ginjal. Menggunakan lipstik berkali-kali sepanjang hari dapat menyebabkan tumor perut. Ini adalah beberapa efek berbahaya dari lipstik.

- Timbal
Telah terungkap bahwa sebagian besar lipstik kandung bahan berbahaya sangat tinggi seperti timbal. Timbal adalah neurotoksin dan dapat mempengaruhi sistem saraf. Hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan otak. Hal ini adalah menjadi salah satu penyebab terjadinya ketidakseimbangan hormon dan infertilitas. Bahkan, efeknya dalam jumlah kecil, dapat menurunkan berat badan secara drastis.

- Petrokimia
Ini adalah salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan lipstik. Ini juga berbahaya bagi kesehatan. Ini adalah bahan kimia yang dibuat dari minyak mentah dan gas alam. Konsumsi ini dapat menyebabkan gangguan endokrin, yang mengganggu pertumbuhan, reproduksi, perkembangan dan kecerdasan. Ini adalah salah satu dari efek berbahaya dari lipstik.

- Formaldehida dan Mineral Oil
Formaldehida adalah bahan pengawet, yang juga dikenal sebagai karsinogen. Bahan ini bisa mengakibatkan batuk, iritasi mata dan kulit efek lain dari formalin. Minyak mineral adalah bahan lain yang digunakan dalam lipstik untuk memblokir pori-pori. Banyak efek berbahaya dari lipstik adalah karena bahan kimia ini.

- Paraben dan Bismuth Oxy Klorida
Dua bahan-bahan lain yang digunakan dalam pembuatan lipstik. Efek berbahaya dari lipstik adalah karena kandungan karsinogenik dari kedua bahan. Para paraben bertindak sebagai pengawet seperti formalin tersebut. Meskipun ini digunakan untuk mengawetkan lipstik, tetapi sangat berbahaya bagi tubuh. Tetap perhatikan kualitas saat membeli lipstik. Hal ini untuk meminimalisir penggunaan zat berbahaya. Anda juga dapat mencoba lipstik buatan sendiri untuk alasan keamanan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3927 seconds (0.1#10.140)