Pelindo I dan KIM Bangun Depo Peti Kemas

Kamis, 27 November 2014 - 13:31 WIB
Pelindo I dan KIM Bangun Depo Peti Kemas
Pelindo I dan KIM Bangun Depo Peti Kemas
A A A
MEDAN - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I dan PT Kawasan Industri Medan (KIM) menandatangani memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman untuk bekerja sama membangun depo peti kemas di KIM, Rabu (26/11).

Depo peti kemas pertama akan dibangun di lahan seluas 3 hektare (ha) di KIM IV dan rencananya mulai beroperasi pada Juli 2015 mendatang. Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana mengungkapkan, pembangunan depo peti kemas di kawasan KIM IV tersebut untuk memperpendek jarak tempuh pengambilan peti kemas dari Pelabuhan Belawan.

Dengan demikian, biaya yang akan dikeluarkan oleh industri di KIM pun akan menjadi lebih hemat. “Siap nggak siap, kami pastikan mulai sekarang depo peti kemas ini bisa beroperasi semester I 2015 mendatang. Ini merupakan upaya Pelindo I menekan biaya logistik industri dari Pelabuhan Belawan. Ini merupakan konsep pelabuhan modern, yakni mengintegrasikan antara kawasan pelabuhan dengan kawasan industri,” ujarnya seusai menandatangani MoU tersebut bersama Direktur PT KIM R Ahmad Budiono di KIM IV.

Pembangunan depo peti kemas tersebut juga akan menjadi solusi mengatasi padatnya arus masuk peti kemas ke Pelabuhan Belawan tersebut. Dari perhitungannya yang dilakukan bersama Dirut PT KIM Medan, dalam setahun depo peti kemas ini bisa menampung 250.000 Teus. Jika masih kurang luas, PT KIM Medan masih memiliki lahan seluas 8 ha dan Pelindo I siap mengembangkannya.

Dirut PT KIM Medan, R Ahmad Budiono mengungkapkan, depo peti kemas dibangun di KIM IV karena lahan di Belawan sangat terbatas. Pembangunan tersebut menjadi bentuk sinergi BUMN dalam mengoptimalkan aset yang dimiliki dan mendongkrak kinerja BUMN yang selanjutnya meningkatkan nilai perusahaan.

Dicky Irawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5340 seconds (0.1#10.140)