Film Terbaru Tayang Mulai 4 Desember

Kamis, 27 November 2014 - 13:28 WIB
Film Terbaru Tayang Mulai 4 Desember
Film Terbaru Tayang Mulai 4 Desember
A A A
MEDAN - Bagi warga Kota Medan penyuka film-film Prancis, dalam waktu dekat bisa menikmati sinema- sinema terbaru dari Negeri Mode tersebut.

Aliance France (AF) akan kembali memutar sejumlah film Prancis terbaru di Kota Medan bertajuk Festival Sinema Prancis 2014. Pemutaran film tersebut dimulai pada 4–14 Desember 2014. Pemutaran film ini merupakan salah satu upaya mereka untuk lebih memperkenalkan budaya Prancis di Kota Medan.

Direktur Aliance France (AF) Medan, Helene Lepkowski, mengatakan, sinema Festival Prancis 2014 dibagi ke dalam tiga bagian, yakni film panorama, film fokus, dan kompetisi film pendek Indonesia. Film panorama terdiri atas delapan film Prancis dari berbagai jenis, seperti drama, komedi, dan kriminal.

Dari seluruh film tersebut, empat film di antaranya menggunakan bahasa Prancis yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, sedangkan empat film lainnya menggunakan bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. “Ke depannya kami akan mengusahakan untuk membuat film berbahasa Prancis dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia gar seluruh penonton di Indonesia bisa memahami film tersebut,” ujarnya saat konferensi pers di Medan, kemarin.

Menurut dia, seluruh film panorama itu akan diputar di bioskop XXI Hermes Mongonsidi, mulai 4–7 Desember 2014. Untuk menyaksikan film tersebut, pihaknya hanya membanderol harga tiket Rp30.000. “Harga tiket itu sangat murah untuk sekelas film internasional. Soalnya, pemeran film-film tersebut juga banyak dibintangi artis-artis papan atas, seperti Kristen Stewart, Sandrine Kiberlin, dan lainnya,” paparnya.

Pemutaran film Prancis tersebut merupakan yang ke-19 kalinya di Indonesia. Pemutaran film Prancis di Indonesia sudah dimulai sejak 1996. Tujuannya memberikan pandangan kepada masyarakat di Indonesia tentang budaya Prancis. “Festival Sinema Prancis merupakan festival sinema asing pertama di Indonesia yang memberikan publik Indonesia kesempatan untuk menyaksikan sinema Prancis teraktual dari berbagai genre,” paparnya.

Penanggung Jawab Komunikasi AF Medan, Jovita Melita, menambahkan, selain film panorama, dalam Festival Sinema Prancis 2014 itu juga akan diputar tiga film animasi Prancis dan 16 film pendek. “Film fokus akan diputar di Hotel Aston mulai 12–14 Desember. Film itu bisa ditonton secara gratis,” katanya.

Tidak hanya itu, untuk menyemarakkan Festival Sinema Prancis 2014 itu, pihaknya juga menggelar kompetisi film pendek Indonesia. “Kompetisi ini untuk pembuat film di Indonesia. Sebanyak tujuh film pendek Indonesia sudah dipilih untuk diputar dalam festival tersebut,” ucapnya.

Dicky Irawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4734 seconds (0.1#10.140)