Sebanyak 59 Desa Pilkades Serentak

Kamis, 27 November 2014 - 13:09 WIB
Sebanyak 59 Desa Pilkades Serentak
Sebanyak 59 Desa Pilkades Serentak
A A A
JEMBER - Jember akan melakukan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak hari ini. Pemilihan serentak itu dilakukan di 59 desa di 25 kecamatan. Sebelum pelaksanaan pilkades serentak, kemarin dilakukan Deklarasi Damai Calon Kepala Desa Serentak.

Hadir pada acara tersebut, unsur muspida Kabupaten Jember, muspika dari 25 kecamatan, unsur tiga pilar dari 59 desa, serta para calon kepada desa yang akan dipilih. Deklarasi semacam ini belum pernah dilakukan sebelumnya pada pilkades terdahulu. Deklarasi ini sebagai komitmen bersama dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak secara damai, jujur, dan adil.

Dalam deklarasi itu, Kapolres Jember AKBP M Sabilul Alif memberikan penjelasan kesiapan untuk mengawal pilkades serentak itu. Di antaranya soal kekuatan personel dan sarana pendukung serta pemetaan kerawanan yang perlu diantisipasi.

“Polres Jember dibantu Satuan Brimob Polda Jatim akan secara penuh melaksanakan pengamanan pilkades dan menjamin keamanan, keselamatan para calon kades, panitia, maupun warga masyarakat,” kata Sabilul.

Dia juga berharap pelaksanaan pilkades nanti dapat berjalan adil, jujur, dan bermartabat. “Deklarasi itu sebagai komitmen awal calon kepala desa untuk melaksanakan pilkades secara damai dan sesuai aturan,” kata Bupati Jember MZA Djalal.

Menurut dia, para calon kepala desa diimbau menjaga suasana pilkades tetap kondusif dan bersedia menerima kekalahan dalam hasil penghitungan pilkades nanti. “Mereka harus ikut menjaga agar warga tidak terseret konflik kepentingan saat pilkades dan suasana tetap kondusif agar pelaksanaan pilkades serentak berjalan lancar,” tuturnya.

P Juliatmoko
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5932 seconds (0.1#10.140)