Pro Kontra Kehadiran Bisnis Online Asing

Rabu, 26 November 2014 - 16:23 WIB
Pro Kontra Kehadiran Bisnis Online Asing
Pro Kontra Kehadiran Bisnis Online Asing
A A A
JAKARTA - Bisnis online asing yang masih terus bergulir, kehadirannya menimbulkan pro dan kontra dari berbagai pihak.

Kini giliran salah seorang pakar Teknologi dan Informasi Indonesia, Onno W. Purbo kepada Sindonews. Menurutnya, bagaimana respon dengan kehadiran bisnis online asing ini ke Indonesia dan menyikapi soal perpajakannya, pemerintah diminta harus tetap berpihak pada lokal.

"Maka dari itu perlu ada regulasi yang dibuat pemerintah, secepat mungkin, agar tidak lebih merugikan Indonesia," tegasnya.

Regulasi yang perlu diatur seperti untuk mengatur peredaran bisnis online (e-commerce) asing. Meskipun sulit menerapkannya, juga hendaknya pemerintah segera mengajukan Undang-Undang keamanan di sektor bisnis online.

Regulasi yang perlu dibuat, menurut Onno bukan sesuatu yang ujung-ujungnya mempersulit.

"Jujur saja sih kita kekurangan orang pinter karena kurikulumnya para kampus-kampus, mending ngajarin ekonomi dan sosial daripada teknik," ungkap Onno W. Purbo selaku Pakar Teknologi dan Informasi Indonesia saat dihubungi Sindonews, Rabu (26/11/2014).

Onno menilai, saat ini untuk membangun perusahaan harus memenuhi banyak persyaratan.

"Belum apa-apa sudah dimintai pajak ini itu, belum palakan. Jujur saja teman-teman saya lebih suka bikin perusahaan di Singapore. Soalnya di sana syarat mudah, gampang, nggak ribet belum lagi dikasih bebas pajak dulu," pungkasnya.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8067 seconds (0.1#10.140)