HBO Tayangkan Dokumenter Resmi Kurt Cobain

Rabu, 26 November 2014 - 14:42 WIB
HBO Tayangkan Dokumenter Resmi Kurt Cobain
HBO Tayangkan Dokumenter Resmi Kurt Cobain
A A A
LOS ANGELES - Tak kurang dari 20 tahun setelah kematiannya, dokumenter resmi mengenai Kurt Cobain akhirnya ditayangkan.

Saluran televisi kabel premium Amerika Serikat (AS), HBO, bakal menayangkan dokumenter berjudul Kurt Cobain: Montage of Heck, secara eksklusif di Negeri Paman Sam itu pada 2015. Film ini yang diproduseri HBO Documentary dan Universal Pictures International Entertainment Content Group akan dirilis secara internasional di bioskop-bioskop pada tahun depan dengan Universal sebagai distributornya.

Montage of Heck disutradarai Brett Morgen, yang sebelumnya menangani dokumenter Crossfire Hurricane, mengenai Rolling Stones, untuk HBO. Dokumenter Kurt Cobain itu dibuat selama delapan tahun. Putri tunggal mendiang vokalis Nirvana itu, Frances Bean Cobain, menjadi produser eksekutifnya.

Film ini adalah dokumenter pertama yang dibuat dengan kerja sama dari keluarga Cobain. Morgen diberi akses terhadap arsip Cobain, termasuk film-film keluarga, rekaman, karya seni, foto, jurnal, demo dan lagu buku yang belum pernah dilihat sebelumnya. Film itu juga menampilkan puluhan lagu dan penampilan Nirvana serta musik original Cobain yang belum pernah diperdengarkan sebelumnya.

“Saya memulai proyek ini delapan tahun lalu. Seperti sebagian besar orang, ketika saya mulai, saya kira material baru yang akan diungkap terbatas. Tapi, begitu saya masuk ke arsip Kurt, saya menemukan lebih dari 200 jam musik dan audio yang belum dirilis, serangkaian proyek seni—lukisan minyak, patung—film-film rumahan yang belum pernah dilihat dan lebih dari 4.000 halaman tulisan yang bersama-sama membantu melukiskan potret intim seorang seniman yang jarang mengungkapkan dirinya ke media,” papar Morgen, yang dikutip The Hollywood Reporter.

Cobain bunuh diri saat berusia 27 tahun pada 1994. Musik rock yang diusungnya menyentuh berbagai macam tema masalah sosial dan memicu gerakan rock grunge yang berpusat di Seattle.

Tahun ini, Nirvana masuk ke Rock and Roll Hall of Fame.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6636 seconds (0.1#10.140)