Adaptasi, Alasan Berguru ke Italia

Rabu, 26 November 2014 - 14:05 WIB
Adaptasi, Alasan Berguru ke Italia
Adaptasi, Alasan Berguru ke Italia
A A A
BANDUNG - Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Glenn Sugita membeberkan alasan pihaknya memberangkatan skuat Persib Bandung ke Italia untuk menjalani pemusatan latihan akhir Desember mendatang.

Menurut dia, pemberangkatan Maung Bandung untuk menjalani training centre (TC) di Negeri Pizza, selain untuk menumbuhkan suasana latihan berbeda dibandingkan musim-musim sebelumnya. Juga dimaksudkan agar kinerja seluruh penggawa Persib makin solid. Sebab, musim depan Persib akan bertarung di dua, bahkan tiga kompetisi berbeda. Yang sudah pasti adalah antarklub Asia yakni Asian Champions League (ACL) atau AFC Cup dan Indonesia Super League (ISL).

Jumlah kompetisi yang harus dijalani Maung Bandung bisa jadi bertambah jika PT Liga Indonesia kembali menggulirkan Piala Indonesia. Kompetisi kasta kedua ini, terakhir kali digelar pada musim 2012 dan dalam dua musim terakhir urung dilaksanakan karena alasan sponsor. “Di antarklub Asia, sangat mungkin Persib menghadapi tim-tim dari negara kuat seperti dari Korea Selatan, China, Jepang atau lainnya yang mayoritas memiliki cuaca dingin. Nah karena di Italia juga udaranya dingin, kami ingin para pemain dapat membiasakan diri. Jadi saat menghadapi AFC, pemain sudah terbiasa,” ujar Glenn.

Bahkan, kata dia, untuk membangun kekuatan Persib yang lebih tangguh, pihaknya berencana menggelar beberapa uji coba menghadapi klub-klub di Italia. Sebab, selama ini Persib hanya menjalani uji coba melawan tim-tim yang secara kualitas ada di bawah, sehingga kelemahan yang ada sulit terdeteksi.

“Jadwalnya sudah disusun, salah satunya menghadapi Inter Milan. Tapi belum pasti juga, karena kami harus koordinasi dengan Pak Erick Thohir (Presiden Inter Milan). Seperti ketemu sama siapa, latihannya kapan, karena mereka (Inter Milan), jadwal kompetisinya masih terus berjalan. Makanya kami harus bisa menyesuaikan jadwal,” katanya.

Rencananya, Persib akan bertolak ke Italia antara 25 atau 27 Desember mendatang. “Pulang lagi ke sini (Bandung) sekitar 15 atau 16 Januari. Itu juga belum pasti, kami sedang susun jadwalnya,” ungkapnya. Lebih lanjut Glenn berharap, musim 2015 depan Persib Bandung semakin kuat. Bahkan, Glenn bermimpi Persib menjadi tim yang konsisten seperti yang ditun - jukkan Persipura Jayapura.

“Saya ingin Persib seperti Persipura. Tim yang kuat dan tetap bersaing di peringkat atas kompetisi. Bisa bersaing di AFC juga. Tapi bukan hanya ingin seperti Persipura, Persib harus lebih kuat dari Persipura,” pungkasnya.

Muhammad Ginanjar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8640 seconds (0.1#10.140)