Cara Berhenti Merokok dalam 30 Hari

Rabu, 26 November 2014 - 08:29 WIB
Cara Berhenti Merokok dalam 30 Hari
Cara Berhenti Merokok dalam 30 Hari
A A A
SETIAP tahunnya, jutaan orang di seluruh dunia mencoba untuk berhenti merokok, namun selalu gagal. Salah satu alasan utama mengapa perokok gagal untuk berhenti adalah ketidakmampuan mereka untuk merumuskan dan mengikuti program berhenti secara permanen.

Setelah beberapa kali mencoba, mereka kehilangan kepercayaan pada fakta bahwa mereka dapat berhasil menghentikan kebiasaan merokok. Akan tetapi, para perokok ini selalu diingatkan dan dikendalikan oleh tubuh mereka. Sehingga rencana untuk mencapai tujuan akhir berhenti merokok tak pernah berhasil. Bagaimana caranya Anda agar berhasil dalam 30 hari berhenti merokok dan menjalani hidup sehat. Berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari healthmeup.

1. Dukungan dari keluarga dan teman-teman.
Tak sedikit dukungan dan motivasi dari teman dan keluarga bisa bertindak sebagai pendorong untuk membantu Anda dalam perjuangan melawan kecanduan terhadap nikotin. Dengan menjaga diri dan dikelilingi dengan teman dan keluarga, Anda akan mendapat kemajuan yang lebih baik daripada upaya individu. Mengajak orang-orang terdekat untuk menyadarkan "tujuan berhenti" dan melibatkan mereka secara aktif dalam setiap langkah. Namun, tak lupa sejak awal memberitahukan kepada orang-orang terdekat bahwa kemungkinan Anda akan mudah tersinggung, bahkan sedikit tidak rasional selama menjalani proses tersebut.

2. Memulai program latihan.
Sebuah cara yang bagus untuk mengurangi hasrat adalah dengan memulai program latihan olahraga rutin. Berjalan-jalan atau melakukan gym hal ini untuk mengalihkan pikiran Anda. Ingat bahwa latihan mengurangi stres dan membantu efek samping akibat bertahun-tahun merokok. Merencanakan program kebugaran Anda dengan sesi awal yang lambat dan secara bertahap beralih kepada latihan yang lebih ketat. Tapi, pastikan bahwa Anda berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai setiap latihan rutin yang lebih kontinyu.

3. Teknik pernapasan dalam dan visualisasi.
Perlu diingat bahwa rahasia sukses berhenti merokok terletak pada rasa sendiri, dengan mengontrol diri sendiri. Cara untuk mencapai ini adalah dengan teknik pernapasan dalam. Cara ini dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu teknik yang paling kuat dan penting, pernapasan dalam membantu menenangkan pikiran dan mengatasi segala jenis situasi stres. Ketika dilakukan secara metodis, ini dapat bertindak sebagai alat pengontrol pada saat kecanduan muncul kembali.

4. Minum banyak air.
Air membantu menghilangkan nikotin dan bahan kimia lainnya dari tubuh. Minum air jumlah dengan jumlah yang banyak adalah suatu keharusan bagi setiap perokok. Selain itu, juga membantu mengurangi rasa lapar Anda dengan memenuhi "keinginan mulut" Anda.

5. Nikotin Replacement Therapy.
Saat ini banyak dokter yang menyarankan perbaikan dari pengaruh nikotin dan mengatasi efek berbahaya dari merokok. NRTs mengekang keinginan para perokok, sehingga memungkinkan mereka untuk menjauhkan diri dari tembakau. Hal ini dapat dengan mudah mengatasi kecanduan nikotin karena mengurangi keinginan untuk merokok.

6. Jauhi benda-benda yang terkait dengan Rokok.
Setiap benda yang memunculkan keinginan untuk merokok seperti korek api, asbak dan bungkus rokok harus segera dihilangkan. Karena ini bisa memicu dan mungkin menggoda Anda untuk kembali ke kebiasaan lama merokok.

7. Menjaga tujuan dengan catatan-catatan.
Begitu Anda berencana untuk berhenti merokok, menetapkan tujuan dan tolok ukur dalam jurnal pribadi Anda. Setiap kali Anda merasa seperti menyerah pada godaan, mungkin Anda bisa menuliskan perasaan Anda ke dalam catatan, serta mengingatkan diri sendiri untuk tetap pada target Anda.

8. Membangun perasaan positif.
Akhirnya, ingat bahwa satu-satunya cara yang dapat Anda untuk berhenti merokok adalah dengan pengendalian diri. Ingatkan diri Anda setiap hari tentang keyakinan Anda dan mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda cukup kuat untuk melepaskan diri dari godaan untuk merokok.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5965 seconds (0.1#10.140)