Rusia Bantah Akan Caplok Wilayah Georgia

Selasa, 25 November 2014 - 22:23 WIB
Rusia Bantah Akan Caplok Wilayah Georgia
Rusia Bantah Akan Caplok Wilayah Georgia
A A A
MOSKOW - Rusia akhirnya angkat bicara mengenai tuduhan yang datang ke mereka soal akan melakukan pencaplokan terhadap salah satu wilayah di Georgia, yakni Abkhazia. Pemerintah Rusia dengan tegas membantah kabar tersebut.

Melansir Itar-tas, Selasa (25/11/2014), Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Khloponin, menyatakan, Abkhazia adalah sebuah negara yang independen dan tidak ada yang bisa membantah hal tersebut. Itulah mengapa Rusia menegaskan tidak pernah berniat mencaplok salah satu wilayah Georgia.

Dirinya juga menjabarkan alasan di balik perjanjian militer yang terjadi antara negaranya dengan pihak Abkhazia. Khloponin beragumen, kerjasama ini merupakan salah satu bentuk realisasi tanggung jawab internasional mereka, dengan membantu negara yang sedang kesulitan.

“Rusia bekerjasama sekaligus membantu Abkhazia. Kami selalu siap mengulurkan tangan atau menyediakan bahu kepada mereka yang sedang kesulitan, dan saat ini Abkhazia sedang menjalani waktu yang tidak mudah, mereka sedang dilanda kesulitan,” ucapnya.

Khloponin menambahkan, dengan adanya bantuan militer berarti sama saja mendukung penguatan keamanan di Abkhazia. “Kami selalu berusaha untuk membuat Abkhazia menjadi tempat yang lebih aman dan nyaman, kondisi di mana warga kami bisa turut pergi atau bahkan tinggal di sana dengan aman,” imbuhnya.

Pada tanggal 24 November, Rusia dan Abkhazia menandatangani Perjanjian Hubungan Sekutu dan Kemitraan Strategis yang memiliki visi penciptaan ruang pertahanan dan keamanan bersama. Dalam perjanjian ini juga disebutkan akan adanya aksi bersama untuk melindungi perbatasan Abkhazia-Georgia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4495 seconds (0.1#10.140)