Skuat Garuda Dihajar Filipina Tanpa Balas

Selasa, 25 November 2014 - 17:55 WIB
Skuat Garuda Dihajar Filipina Tanpa Balas
Skuat Garuda Dihajar Filipina Tanpa Balas
A A A
HANOI - Permainan buruk timnas Indonesia harus dibayar mahal dengan kekalahan telak dari Filipina di laga kedua Piala AFF 2014 di My Dinh National Stadium, Selasa (25/11) sore WIB. Skuat Garuda diberondong empat gol tanpa balas sehingga membuat peluang Indonesia ke semi final menipis.

Pelatih Alfred Riedl membuat perubahan untuk laga ini dengan menyimpan Manahatti Lestusen dan Boaz Solossa, yang dipertandingan pertama bermain sebagai pemain inti. Sebagai ganti, Riedl memasang Samsul Arif dan Firman Utina sejak awal.

Filipina diluar dugaan mampu mengimbangi permainan Indonesia di 15 menit awal. The Azkals bahkan unggul lebih dulu melalui titik putih setelah Firman Utina menjatuhkan Younghusband. Younghusband yang ditunjuk menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan ini. 1-0 untuk Filipina.

Secara keseluruhan, permainan Indonesia tak kunjung berubah hingga menit akhir babak pertama. Di sisi lain, Filipina justru bermain apik dengan berkali-kali membombardir gawang Kurnia Meiga.

Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 bagi Filipina.

Memasuki babak kedua, permainan Indonesia tak kunjung mengalami perbaikan. Sebaliknya, Filipina justru menciptakan gol kedua. Tembakan keras Manuel Ott meluncur kencang tanpa mampu ditahan Kurnia Meiga. 2-0 untuk Filipina.

Koordinasi lini belakang masih menjadi permasalahan utama timnas. Tak ada perubahan berarti yang diperlihatkan timnas, Filipina masih leluasa melancarkan serangan.

Di menit 64, pelatih Alfred Riedl memasukan Christian Gonzales menggantikan Zulham Zamrun. Namun demikian lagi-lagi, pergantina ini tak membuahkan hasil. Indonesia justru harus kebobolan lagi.

Kurnia Meiga yang memegang bola di dalam kotak penalti setelah bola terkena pemain Indonesia otomatis diganjar pelanggaran oleh wasit. Ketika pemain Indonesia sibuk memprotes keputusan wasit, Younghusband dengan cerdik mengumpan bola kepada Steubel yang dengan enak menceploskan bola ke gawang yang ditinggal Kurnia Meiga.

Indonesia semakin menderita saat Rizky Rizal Pora harus dikartu merah wasit. Filipina kembali menambah gol di menit 79. Berawal dari tendangan pojok, Rob Gier dengan cerdik memanfaatkan kemelut di gawang Kurnia Meiga. 4-0 untuk Filipina.

Tambahan tiga menit tak mampu dimanfaatkan pasukan Garuda senior untuk menjebol gawang Filipina. Pertandingan pun berakhir dengan skor 4-0 untuk Filipina. Dengan hasil ini, Filipina dipastikan lolos ke semi final sementara nasib Indonesia harus ditentukan hingga pertandingan terakhir melawan Laos.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Indonesia: Meiga; Zulkifli, Jufriyanto, Roby, Rizky; Maitimo, Firman (c); Ridwan, Samsul, Zulham; v. Dijk

Filipina: Deyto; Sato, Guirado, Aguinaldo, Rota; Ott, Lucena, Bahadora, P. Younghusband, Steuble; Reichelt.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6341 seconds (0.1#10.140)